Homebound

Kompetisi Pendek
2022 — 17 min — 15+

Sinopsis

Melalui narasi orang pertama, Tari mengungkapkan kisah pribadi terkait keputusannya bekerja di Taiwan, hubungan keluarga yang kurang harmonis, risiko bekerja di luar negeri, dan jebakan yang ia alami. Tari berbagi cerita intim tentang bagaimana hubungannya yang pincang dengan putranya, mengungkapkan rasa bersalah yang dia rasakan karena meninggalkannya.

Homebound adalah penggambaran intim dari pengalaman seorang pekerja migran di luar negeri dan film ini merupakan panggilan yang mendesak bagi mereka yang telah berkontribusi pada sebuah sistem yang mengambil keuntungan dari 1.000-an perempuan setiap tahun.

Jadwal

FFD 2022

Pemutaran 1

Gedung ex Bioskop Permata
16 November 2022, 15:00 WIB

Pemutaran 2

Gedung ex Bioskop Permata
17 November 2022, 13:00 WIB

Sutradara

  • Ismail Fahmi Lubis

    Ismail menempuh pendidikan di Institut Kesenian Jakarta (IKJ) pada tahun 1993 mengambil jurusan Film dan Penyutradaraan. Setelah lulus, ia menyutradarai beberapa serial drama televisi Indonesia sebelum beralih fokus ke film dokumenter pada tahun 1998. Sebagai seorang sinematografer, Ismail telah bekerja sama dengan sineas-sineas ternama, termasuk sineas Belanda Leonard Retel Helmrich (Shape of the Moon, 2004) dan Cathy Henkel dari Australia (The Burning Season, 2008). Ia telah menyutradarai tiga film dokumenter, termasuk Masked Monkey (2014), Tarling is Darling (2017), dan Help is on the Way (2020). Film-filmnya telah diputar di Rotterdam IFF, Busan IFF, Jean Rouch IFF, Doc Point Documentary Film Festival dan Taiwan IFF. Film-filmnya telah ditayangkan di PTS Taiwan, EBS Korea Selatan, Al Jazeera dan GoPlay Indonesia. Dua film dokumenter pertama Ismail dinominasikan untuk Penghargaan Film Dokumenter Terbaik Indonesia di Festival Film Indonesia, dan Help is on the Way (2020) memenangkan penghargaan tersebut pada tahun 2019.

Detail

Negara ProduksiIndonesia
Bahasa AsliIndonesian
TakarirBahasa Indonesia