T.W.U Tel (1981): Serikat Pekerja yang Menduduki Perusahaannya Sendiri

SHARE

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on print

Pada 1980-an, kantor British Columbia Telephone Company (BC Tel) di Provinsi British Columbia, Kanada  disegel oleh karyawannya sendiri. Di kaca ditempel poster “Under New Management”. Mereka yang tergabung dalam Serikat Pekerja BC Tel menolak menandatangani kontrak baru karena dinilai bermasalah.

Selama masa ketegangan antara karyawan dengan perusahaan, operasional BC Tel tetap berjalan. Karyawan berusaha tetap memberikan pelayanan yang baik terhadap para konsumen meski tidak dibayar. Keputusan karyawan yang tetap bekerja walau situasi sedang tidak mendukung itu mendapat dukungan simpati dari konsumen. 

Bahkan, saat pengadilan memutuskan karyawan bisa mengosongkan gedung, mereka menolak dan memilih memberikan pelayanan ke publik serta tetap konsisten menuntut perusahaan. Kisah Serikat Pekerja BC Tel menggugat perusahaannya sendiri terekam dalam film pendek berdurasi sembilan menit berjudul T.W.U Tel (1981) garapan Amelia Productions.

T.W.U Tel (1981) merupakan salah satu film dalam program Focus on Canada dan diputar di Festival Film Dokumenter (FFD) 2019 pada Rabu, 4 Desember 2019 di Auditorium IFI-LIP Yogyakarta. Cek jadwal festival untuk melihat agenda lengkap FFD 2019.

Close Menu