Panduan Harian – 7 Desember 2019

SHARE

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on print

Akhirnya, kita sampai kepada hari terakhir penyelenggaraan FFD 2019 yang luar biasa, dan kami sangat bersyukur atas seluruh momen menyenangkan yang kami alami selama enam hari terakhir. Akademisi, pelajar, jurnalis, seniman, filantropi, dan kalangan-kalangan lainnya telah memasuki pintu Taman Budaya Yogyakarta dan lokasi-lokasi penyelenggaraan lainnya untuk menikmati sajian FFD tahun ini. Terima kasih telah berpartisipasi dalam FFD 2019.

Tapi, jangan berpikir kalau sekarang sudah selesai. Kami masih memiliki beberapa agenda untuk membuat Anda terhibur sedikit lebih lama.

 

13.00 WIB

FFD 2019 - Falsos Positivos

Seperti hari-hari sebelumnya, kalian masih bisa menikmati ekshibisi program The Feelings of Reality dan SchoolDoc di Lobby Societet Taman Budaya Yogyakarta serta Etnografi Indrawi: Saksi Mata di Kedai Kebun Forum.

Ada juga pemutaran film Falsos Positivos (2009) di ruang pemutaran Societet Taman Budaya Yogyakarta. Film yang termasuk dalam program Layar Lebar, Layar Kekerasan ini menceritakan tentang kekerasan oleh aparat terhadap warga sipil yang terjadi di Kolombia pada tahun 2008.

Selain itu, film Le Film de Bazin (2017) akan diputar di Auditorium IFI-LIP Yogyakarta. Dalam film ini, sutradara Pierre Hébert mencoba untuk melanjutkan karya yang belum selesai dari André Bazin, tokoh film kenamaan dari Prancis yang meninggal akibat leukemia.

 

14.35 WIB

FFD 2019 - Village of Swimming Cows

Selepas pemutaran Falsos Positivos (2009) di Societet Taman Budaya Yogyakarta, film Village of Swimming Cows (2018) akan ditayangkan. Film ini mencoba menangkap bagaimana hipster dari Berlin bersinggungan dengan petani sungguhan dan memotret pola hidup kontras, usaha-usaha adaptasi, serta pandangan tentang hidup dari pengalaman ini.

 

15.00 WIB

FFD 2019 - Dokumenter Pendek - Irama Betawi

Untuk kedua kalinya, kami menghadirkan kompilasi dari finalis kompetisi Dokumenter Pendek FFD 2019 kepada kalian. Pada sesi ini, kalian bisa menikmati empat dari delapan film finalis, yaitu: Diary of Cattle, More Than Work (2019), Luar Biasa (2019), dan Irama Betawi (2019) di Auditorium IFI-LIP Yogyakarta. Sebagai catatan, akan ada sesi Q&A bersama beberapa perwakilan dari film-film yang diputar. Sayang untuk dilewatkan, bukan?

 

19.00 WIB

Sebagai penutup hari sekaligus salam perpisahan dari gelaran Festival Film Dokumenter (FFD) 2019, akan ada agenda malam penganugerahan yang dibuka untuk umum. Kami akan mempersilakan para juri untuk mengumumkan seluruh pemenang Kompetisi Dokumenter FFD 2019 di setiap kategori. Sebagai suguhan penutup, film pemenang kategori pelajar akan diputar untuk kalian. Dan, dengan penuh suka hati, kami berterima kasih atas partisipasi kalian dan –di waktu yang bersamaan- meminta maaf atas segala kekurangan. Sampai jumpa di tahun depan!