Panduan Harian: Kamis, 6 Desember 2018

SHARE

13.00 WIB

劇照5_Mountain

TAIWAN DOC – SHORT PART | SOCIETET TBY

Slot pemutaran ini mengajak penonton untuk kembali melihat kilasan sejarah panjang masyarakat Taiwan lewat medium film dokumenter pendek. Dari restorasi yang menghadirkan wajah-wajah seniman muda Taiwan di era 90-an di The Mountain (1966) dan Modern Poetry Exhibition/1966 (1966). Hingga usaha-usaha menghadirkan karya penciptaan masa lampau lewat Experiment 002 (Extracted from Video Documentation of the Symposium of “Theatre Quarterly”) (1994) dan The Prophet (2016).

human,-frame-by-frame

19 DAYS (2016) |  AUDITORIUM IFI-LIP

Merupakan salah satu film dalam program Human, Frame by Frame. 26 menit yang menyoal 19 hari pertama kehidupan keluarga imigran di Kanada. Slot ini juga akan diikuti dengan sesi diskusi untuk menggali lebih dalam pertanyaan yang muncul dalam film ini, tentang apa itu rumah. Khususnya di tengah iklim krisis pengungsi akibat konflik militer-politik di berbagai belahan dunia.

 

15.00 WIB

Still Photo - Boui 1

POMELO (2018) | SOCIETET TBY

Salah satu finalis FFD kategori dokumenter panjang yang menghadirkan isu relevan tentang usaha manusia-manusia meraih mimpi pembangunan namun justru dihadapkan pada ancaman penggusuran.

Spektrum: Sudut Dunia

PEMUTARAN & DISKUSI SPEKTRUM – NICHOLAS BOONE | AUDITORIUM IFI-LIP

Nicolas Boone hadir dengan proyek berjudul Etage 39 (2017), yang mencoba menjawab pertanyaan bagaimana seseorang memaknai suatu pengalaman spasial. Atau, bagaimana mereka mengungkapkan preferensi mereka atasnya. Sedang dalam  Hillbrow (2014), Boone lagi-lagi mengeksplorasi ruang sebagai sebuah gagasan, lewat 10 kisah perjalanan dalam satu ruang yang terus berubah, menjadi tak terbatas. Pemutaran akan dilanjutkan dengan sesi diskusi bersama Nicolas Boone.

 

 19.00 WIB

Review Film: Talking Money (2018)

TALKING MONEY (2018) | SOCIETET TBY

Lewat film berdurasi 89 menit ini, Sebastian Winkels mencoba menilik relasi manusia dengan uang. Ketika ia tidak lagi hanya sekadar alat tukar, melainkan menjadi simbol yang merepresentasikan kekuatan, simbol kesetaraan-ketidaksetaraan, kewibawaan, hingga tanggung jawab. Slot ini akan diikuti dengan sesi tanya jawab seusai pemutaran.

Marzuki (2018) - Still 01

LANSKAP | AMPHITHEATER TBY

Slot ini akan diisi oleh tiga film; Kampung MacArthur (2018), Sinawang (2018), Marzuki (2018). Sebagai bagian dari program Lanskap, ketiganya merekam narasi yang hadir di dan tentang Indonesia. Mulai dari dialog antara keinginan untuk menjaga sejarah atau mengambil keuntungan, di Kampung MacArthur. Apa yang tersisa pasca Soeharto berkuasa, khusunya di tempat kelahiran sang diktator di Sinawang. Hingga pertanyaan tentang apa itu reformasi dalam konteks pasca reformasi, lewat kisah seorang mantan atlet sepak bola yang menghabiskan masa tuanya sebagai guru honorer di Marzuki.

in-the-claws

IN THE CLAWS OF A CENTURY WANTING (2017) | AUDITORIUM IFI-LIP

Menilik sisi lain pembangunan lewat kehidupan 4 keluarga yang tinggal di sebuah pelabuhan di Manila. Film ini merupakan salah satu finalis kompetisi FFD kategori dokumenter panjang.

AS YOU SEE (1986) | AMPHITHEATER TBY

Salah satu dari tiga film Harun Farocki yang akan diputar dalam program Retrospektif. Di sini, Harun Farocki berusaha untuk menghubungkan titik-titik yang selama ini terpisah, merangkainya dalam gambar dan kata, serta konteks di belakangnya yang saling berkelindan. Bagaimana ia melihat dunia, pembangunan, kemajuan, inovasi teknologi yang ternyata hadir sejalan dengan perang, kematian, alienasi, dan kepalsuan.

 

INSTALASI DOCSOUND: WATERLAND (2018) | RUANG EPSON, TBY

Kamu dapat menikmati instalasi ini dari hari Kamis 6 Desember-Selasa 11 Desember di Ruang Epson, TBY pada pukul 14.00-17.30 WIB dan 18.30-21.00 WIB. Waterland (2018) merupakan satu bagian program DocSound yang  menghadirkan posisi suara di kehidupan keseharian melalui medium film. Pilihan film dalam program ini memperlakukan elemen suara sebagai kekuatan utamanya dan membuka perspektif baru dalam mendekati hubungan antara film, suara, dan kehidupan keseharian kita.

DOKUMENTER INTERAKTIF: THE FEELINGS OF REALITY | RUANG GALERI, TBY

4 dokumenter pendek berbasis VR, akan dapat kamu nikmati di slot ini dari Kamis 6 Desember hingga Selasa 11 Desember di Ruang Galeri TBY pada pukul 13.00-16.00 WIB dan 18.30-20.30 WIB. Gaza’s Amputee Football Team, Cuba’s Blind Baseball, Living with Disability, dan The Curse of Palm Oil, merupakan bagian dari  program Feelings of Reality yang hadir untuk memperluas pengaruh film-film yang menyuarakan isu disabilitas dengan cara menayangkan film dokumenter dan film dokumenter berbasis VR (Virtual Reality).

Close Menu