Retrospektif: Harun Farocki – Back to Work

SHARE

Sebagai prekuel dari program “Perspektif” yang mempertanyakan kembali konsep kerja, “Retrospektif” tahun ini mencoba menyoroti kerja-kerja Harun Farocki dalam membingkai kerja lewat sinema. Jika di masa kini kita mencoba menilik ulang kerja-kerja konvensional, Farocki yang hidup ketika industrialisasi menjadi basis perkembangan dunia malah menjadikannya sebuah simfoni yang apik. Ia tidak lantang mengkritik industri dan manusia yang seperti ngengat di dalamnya, tapi menyajikan realita para pekerja dengan repetisi gambar bergerak dan –pada  beberapa film– kelindan kata-kata hingga menimbulkan efek intensitas yang janggal.

Lewat Workers Leaving the Factory (1995), Farocki menggabungkan footage kelas pekerja di pabrik-pabrik. Film ini tidak hanya mengingatkan kita pada film pertama buatan Lumiere bersaudara dalam perayaan 100 tahun sinema, tetapi juga menjadi refleksi. Hingga lebih dari 100 tahun revolusi industri, manusia-manusia ini nyatanya masih bekerja dengan ritme yang sama. Farocki juga menyampaikan apa yang disebutnya sebagai opini kontemporer tentang industri lewat film esai As You See (1986). Selain itu, ia juga tak luput menangkap pekerjaan-pekerjaan ‘baru’ lewat sekuens observasional sebagai realita masyarakat kontemporer dalam Still Life (1997).

Farocki bukan hanya pembuat film produktif yang telah menyutradarai 120 film dan karya instalasi. Ia juga kritikus film, editor, teoris, dan akademisi; sebuah paket lengkap yang tak cukup diperbincangkan lewat tiga pilihan karyanya. Industri, kapital, dan manusia adalah subjek-subjek yang menggugahnya.

Lewat Farocki, kita dapat melihat ke belakang; bagaimana industri tercipta dan manusia tak ubahnya seperti ngengat di dalam pusaran kerja. Terlalu sedikit waktu untuk menelusuri jalan pemikirannya. Tetapi setidaknya cukup menjadi awalan untuk melihat apa yang terjadi di masa-masa saat mekanisasi dan industri massal jadi primadona–sebelum kita berasyik masyuk dalam era yang katanya industri empat titik nol.

Film-film Harun Farocki akan diputar di Festival Film Dokumenter 2018 pada tanggal 5-9 Desember 2018. Agenda spesifik dari program “Retrospektif” bisa disimak di jadwal.

Close Menu