A Play of Perspective: Bermain dengan Teknologi

SHARE

Dunia digital masif dan memesona, dengan dukungan inovasi yang mengaburkan perbedaan antara yang digital dan yang nyata, daya tariknya tak tertandingi. Medium film telah lama menguasai sihir yang dapat mengantarkan khalayaknya ke realitas lain. Dengan inovasi teknologi Realitas Virtual (Virtual Reality) dan Realitas Tertambah (Augmented Reality), penonton diajak untuk melangkah lebih jauh dalam “A Play of Perspective”. Setiap proyek yang diputar dalam program ini menawarkan pengalaman realitas yang berbeda lewat pemanfaatan teknologi yang juga berbeda.

The Enemy, misalnya, menggabungkan teknologi VR dan AR dan dapat terimplementasi di beberapa device. Melalui teknologi pemindai 3-D, film ini merekam secara tepat bahasa tubuh mereka dengan mata yang mengatakan begitu banyak cerita. Film The Space We Hold sendiri merupakan sebuah web dokumenter interaktif yang menawarkan sebuah pandangan unik mengenai tantangan rekonsiliasi dan memberikan kesaksian tentang kekerasan seksual di era digital.

Sementara, Very Very Short adalah antologi proyek interaktif smartphone. Antologi ini memuat 10 proyek interaktif dari berbagai negara yang dikerjakan menggunakan telepon seluler, dengan menjelajahi tema mobilitas melalui pengalaman yang sangat singkat. Setidaknya, setiap film di sini berdurasi tidak lebih dari 60 detik.

Ketiga proyek ini dihadirkan sebagai pembacaan atas kemungkinan-kemungkinan tak terbatas dalam memainkan medium film. Lebih spesifiknya, medium film dokumenter, yang lekat dengan aspek keintiman antara subjek dan penonton, di mana persepsi dan sudut pandang menjadi elemen penting dalam empati yang coba dibangun.

 

Program “A Play of Perspective” bisa dinikmati di Ruang Galeri TBY selama agenda festival berlangsung. Cek jadwal festival untuk memeriksa agenda lengkap FFD 2018.

Close Menu