Yarokamena

Docs Docs: Short!
2022 — 21 min — 17+

Sinopsis

Yarokamena adalah sebuah kisah yang diceritakan oleh Gerardo Sueche, anggota dewan suku Uitoto, melalui potret-potret filmis tentang Amazon yang mengigau, yang diserbu oleh reruntuhan teknologi, antena yang tidak berfungsi, kapal-kapal hantu, dan hantu-hantu penjajah yang tersimpan dalam ingatan lisan para penyintas eksploitasi dan ekstraktivisme; menggunakan sinema sebagai wadah baru untuk kekuatan yang menghancurkan.

Jadwal

FFD 2023

Pemutaran 1

Auditorium IFI-LIP
5 Desember 2023, 14:30 WIB

Pemutaran 2

Gedung ex Bioskop Permata
8 Desember 2023, 15:30 WIB

Sutradara

  • Andrés Jurado

    Seniman, pembuat film, dan produser (Kolombia, 1980). Karya-karyanya telah dipresentasikan di Berlinale Forum Expanded, DocLisboa, Docs Buenos Aires, MIDBO Bogotá International Documentary Festival, dan EMAF. Filmnya, El Renacer del Carare, menerima Special Mention dari Flash Competition di FIDMarseille 2020 ke-31 dan Public Prize dari Panorama de Cinema Colombiano di Paris 2021. Dia adalah bagian dari tim arsitektur forensik dalam investigasi perampasan tanah, penghilangan, dan penggundulan hutan di Kolombia.

Detail

Negara ProduksiColombia
Bahasa AsliSpanish
TakarirEnglish

Ulasan Terkait

  • Yarokamena (2022): Teropong Darah

    Peringatan konten: Ulasan ini berisi materi yang dapat memicu trauma. Pembaca disarankan untuk bijaksana dalam melanjutkan membaca. Dalam Yarokamena (Andrés Jurado, 2022), kamera bukan hanya berfungsi sebagai mata, melainkan juga…

    Baca artikel