Rintih di Tanah yang Pilu

Kompetisi Pelajar
2019 — 15 min — PG
Winner
Student Competition
2020
Still Film Rintih di Tanah Yang Pilu

Sinopsis

Asma, seorang ibu rumah tangga yang tinggal di Desa Lampanah. Ia hidup dengan bermata pencaharian sebagai petani. Seketika kehidupannya berubah, ketika tanah, rumah, dan sawahnya terdampak oleh  pembangunan Jalan Tol Ruas Aceh-Sigli. Dengan uang ganti rugi yang tidak sebanding, ibu Asma kesulitan untuk membangun rumahnya kembali, terlebih merelakan sawahnya yang digusur karena pembangunan jalan tol. Ibu Asma hanyalah satu dari banyaknya petani yang terdampak pembangunan jalan tol di Desa Lampanah, yang mayoritas masyarakatnya berprofesi sebagai petani.

Jadwal

FFD 2020

Sutradara

  • Muhammad Fitra Rizkika

    Lahir di Aceh Besar, 09 Oktober 2003 adalah siswa aktif di SMAN 1 Indrapuri, Aceh Besar. Fitra yang selama ini tergabung dalam komunitas film disekolahnya, tempat belajar dasar-dasar pembuatan film pendek. Fitra pernah mengikuti beberapa kali mengikuti festival-festival film pendek fiksi, ‘Rintih di Tanah yang Pilu’ merupakan film dokumenter pertamanya.

  • Rahma Wardani

    Rahma Wardani lahir di Aceh Besar, 12 Maret 2003 saat ini tercatat sebagai siswa kelas XI IPA2 di SMAN 1 Indrapuri. Ia pernah beberapa kali menyutradarai beberapa film pendek fiksi mewakili sekolahnya, juga pernah mempelajari pembuatan film dokumenter di Aceh Documentary. Film berjudul “Rintih di Tanah yang Pilu” menjadi film terbaik pada kompetisi Aceh Documentary Junior tahun 2019.

Detail

Judul AsliRintih di Tanah yang Pilu
Negara ProduksiIndonesia
Bahasa AsliIndonesian, Achinese
TakarirBahasa Indonesia