kOsOng

Lanskap
2020 — 77 min — 15+
kOsOng

Sinopsis

Kisah lima orang perempuan dari berbagai latar dan generasi, tentang kehidupan pernikahan tanpa anak mereka, sementara hidup di salah satu pulau terpadat di dunia, Jawa, Indonesia. Pada masyarakat di mana perempuan jarang diberi kesempatan berpendapat atas pilihan-pilihan reproduksinya, hidup sukarela maupun tidak, dalam pernikahan tanpa keturunan, menempatkan perempuan pada ketidaknyamanan dan sorotan yang lebih berat dari pasangannya. Masalah ini menjadi topik sensitif yang sering mereka hindari. Bagi sebagian besar mereka, ini adalah kesempatan pertama untuk berbicara bebas tentang hal ini.

Jadwal

FFD 2021

Sutradara

  • Chonie Prysilia

    Seorang penyelenggara festival, produser film, dan sutradara. Dia bekerja di bidang bisnis & manajemen hingga 2011, kemudian pindah ke Yogyakarta dan menekuni seni dan minat kreatifnya. Dia terlibat dalam animasi perdananya pada tahun 2014 dan menjadi produser dua film pendek animasi; ‘Roda Pantura’ (2015), ‘Lost In Sekaten’ (2019). Sejak 2016 ia ikut mendirikan dan menyelenggarakan festival film animasi dua tahunan di Yogyakarta. Film dokumenter animasi ‘KOSONG’ (2020) adalah debut penyutradaraannya.

  • Hizkia Subiyantoro

    Seorang desainer, seniman & sutradara CG. Ia bersekolah di Sekolah Desain Modern Yogyakarta dan Institut Seni Indonesia. Sejak 2009, ia mendirikan & memimpin komunitas animasi berbasis software terbesar di Indonesia. Film pendek animasi pertamanya ‘Roda Pantura’ dirilis pada 2016. Sejak 2016 ia ikut mendirikan dan menjadi produser festival film animasi di Yogyakarta. Ia merilis film pendek animasi keduanya ‘Lost in Sekaten’ pada tahun 2019. Film dokumenter animasi ‘KOSONG’ adalah karya dokumenter dan fitur pertamanya.

Detail

Judul AslikOsOng
Negara ProduksiIndonesia
Bahasa AsliIndonesian
TakarirEnglish