Panduan Harian: Sabtu, 8 Desember 2018

SHARE

13.00 WIB

Review Film: Beautiful Things (2017)

BEAUTIFUL THINGS (2017) | SOCIETET TBY

Menangkap realitas yang terlalu bising hingga mengasingkan suara di dalam kepala, Giorgio Ferrero di Beautiful Things (2017) menawarkan renungannya atas keberadaan manusia di tengah himpitan gerak mesin industri. Ferrero menghadirkan kisah sepasang kekasih yang menghidupi mimpi kapitalisme. Rumah untuk menaungi keduanya, berbagai macam peranti untuk memuaskan hasrat konsumerisme, serta keramahan semu kehidupan perkotaan.

 

14.00 WIB

Review Film: Electro-Pythagoras (2017)

ELECTRO-PYTHAGORAS: A PORTRAIT OF MARTIN BARTLETT | AUDITORIUM  IFI LIP

Salah satu film dari program DocSound yang dibuat khusus sebagai penghormatan kepada komposer musik elektronik asal Kanada Martin Bartlett. Film keenam Fowler ini, mengajak penonton menelusuri sosok Martin Bartlett. Gaya bercerita pilihan Fowler berbeda dengan film dokumenter yang sudah-sudah. Kali ini ia menempatkan aspek visual sebagai elemen utama dalam bercerita

 

14.45 WIB

FFD 2018 | Film | Opera about Poland

OPERA ABOUT POLAND  | AUDITORIUM IFI LIP

Menunjukkan tradisi Polandia dengan gaya ala Wojciech Wiszniewski, film ini menyajikan beragam pengejawantahan ke-Polandia-an; ritual patriotik dan religius, lanskap yang khas, serta kenangan-kenangan mendalam. Film ini sebuah kolase yang menggabungkan materi-materi lawas dan kontemporer, foto-foto dokumenter maupun rekaan, reportase pers, iklan layanan masyarakat, promo penjualan, dan kutipan-kutipan pidato yang disajikan dengan elemen suara dan visual.

 

15.00 WIB FFD 2018 | Film | A Documentary Film

POLISH DOC – ANIMATION PART | SOCIETET TBY

Dengan mengankat tema keluarga, program Polish Docs hadir dengan film-film animasi pendek diantaranya A Documentary Film (2013), film berdurasi enam menit karya Marcin Podelec ini mencoba menggambarkan bagaimana potret seorang ayah yang tinggal berjauhan dengan anak-anaknya. The Son (1970) Salah satu karya animasi dokumenter Polandia pertama dengan sebuah keluarga sebagai protagonis: seorang anak yang tinggal di kota mengunjungi orang tuanya yang tinggal di daerah pedesaan. Gibbon’s Island  (2016) menunjukan sebuah kisah bagaimana kunjungan ke kebun binatang adalah sebuah kesempatan untuk mengamati hubungan dua insan yang dekat satu sama lain.

 

16.00 WIB

FFD2018 | Film | Silence Is A Falling Body

KOMPETISI – SILENCE IS A FALLING BODY | SOCIETET TBY

Jaime memiliki video rekaman dengan durasi ratusan jam tentang kehidupan keluarganya, hasrat, dan kebebasan. Setelah ia meninggal, putrinya menemukan rekaman-rekaman itu, yang kemudian menjadi perjalanan awalnya dalam memahami hal-hal yang selama ini tidak ia ketahui tentang ayahnya. Tak hanya sisi personal, namun juga menyangkut aktivisme politik dan seksualitasnya. Silence Is a Falling Body adalah salah satu film kompetisi Kategori Panjang.

FFD2018 | Film | Robot Somnambulism

ROBOT SOMNAMBULISM  |  IFI LIP

Orang-orang yang menggunakan iPhone tiba-tiba menyadari bahwa para pekerja tersebut bekerja layaknya robot, beraksi tiap 7 detik, 12 jam sehari. Ponsel pintar telah mengubah kehidupan manusia seutuhnya. Di era ini orang-orang layaknya robot, membuat manusia beraksi layaknya mesin. Hal ini adalah tragedi menyedihkan, atau merupakan awal dari dunia baru yang berani?

 

18.30 WIB

FFD2018 | Film | Tarian Kehidupan

KOMPETISI KATEGORI PELAJAR | SOCIETET TBY

Lima buah film kompetisi karya kategori pelajar akan diputar pada pukul 18.30-19.29 di Societet TBY. Diantaranya: Aku Bukan Toraja (2017), yang melihat bagaimana ritual adat di Toraja berubah menjadi ruang-ruang perjudian. Sum (2018), adalah kisah tentang Sum. Mantan aktivis Barisan Tani yang pernah dipenjara selama 13 tahun. Mudik (2018), visualisasi perjalanan mudik sebuah keluarga dengan menggunakan truk. Rantai Emas (2018), mengisahkan Mbah Romo, seorang lansia yang tinggal sebatang kara di Kedunggaleng dan Tarian Kehidupan (2018), yang mengisahkan seorang pelajar sekolah menengah pertama yang harus menjadikan tarian sebagai sumber penopang ekonomi.FFD2018 | Film | Remapping The Origins

KOMPETISI – REMAPPING THE ORIGINS | IFI LIP

Ini adalah film esai mengenai kota Bialystok yang menautkan Bialystok hari ini dengan peristiwa-peristiwa masa lalu melalui refleksi atas sejarah dan ingatan. Penelusuran jejak-jejak yang berpotensi menjadi percontohan bagi -tidak hanya sebuah kota, tetapi juga Eropa dan masa depan.

 

 

19.00 WIB

in-the-claws

KOMPETISI – IN THE CLAWS OF A CENTURY WANTING | AMPHITHEATRE TBY

Film kompetisi Kategori Panjang ini menilik sisi lain pembangunan lewat kehidupan empat keluarga yang tinggal di sebuah pelabuhan di Manila.

 

 

20.00 WIB

FFD2018 | Film | Dreamaway

DREAMAWAY  |  IFI LIP

Belum terlalu lama sejak turis-turis kaya dari mancanegara datang dan menginap di hotel mewah Sharm El Seikh. Namun, Arab Spring dan kebingungan periode pasca revolusi secara cepat merampas keindahan ujung selatan Semenanjung Sinai yang terkenal sebagai destinasi resor musim panas. Tersaturasi oleh elemen-elemen fiksi sureal, film dokumenter ini membawa kita kepada kota hantu berkilauan untuk mengunjungi penghuni terakhirnya–karyawan resor yang tergesa-gesa bermimpi di antara kamar hotel.

 

20.30 WIB

Still Photo - Boui 1

KOMPETISI – POMELO | IFI LIP

Salah satu film Kategori Panjang, Pomelo menceritakan tentang orang-orang dari berbagai penjuru provinsi Vietnam yang tinggal di tengah kota Hanoi yang semakin berkembang. Kini, mereka sedang menghadapi penggusuran untuk pembangunan jalan lingkar yang mengancam tempat tinggal dan pekerjaan mereka.

 

 

INSTALASI DOCSOUND: WATERLAND (2018) | RUANG EPSON, TBY

Kamu dapat menikmati instalasi ini dari hari Kamis 6 Desember-Selasa 11 Desember di Ruang Epson, TBY pada pukul 14.00-17.30 WIB dan 18.30-21.00 WIB. Waterland (2018) merupakan satu bagian program DocSound yang  menghadirkan posisi suara di kehidupan keseharian melalui medium film. Pilihan film dalam program ini memperlakukan elemen suara sebagai kekuatan utamanya dan membuka perspektif baru dalam mendekati hubungan antara film, suara, dan kehidupan keseharian kita.

DOKUMENTER INTERAKTIF: FEELINGS OF REALITY | RUANG GALERI, TBY

Empat dokumenter pendek berbasis VR, akan dapat kamu nikmati di slot ini dari Kamis 6 Desember hingga Selasa 11 Desember di Ruang Galeri TBY pada pukul 13.00-16.00 WIB dan 18.30-20.30 WIB. Gaza’s Amputee Football Team, Cuba’s Blind Baseball, Living with Disability, dan The Curse of Palm Oil, merupakan bagian dari  program Feelings of Reality yang hadir untuk memperluas pengaruh film-film yang menyuarakan isu disabilitas dengan cara menayangkan film dokumenter dan film dokumenter berbasis VR (Virtual Reality)

Close Menu