Panduan Harian: Jumat, 7 Desember 2018

SHARE

10.30 WIB

Review Film: Talking Money (2018)

DISKUSI SCHOOL OF SEEING “TALKING MONEY” | LOOP STATION YOGYAKARTA

Program  yang terintegrasi dengan program School Of Seeing dari In-Docs, memutar sekaligus menggelar diskusi  film Talking Money (2018). Program ini adalah lanjutan dari diskusi di kesempatan sebelumnya.

 

13.00 WIB

Review Film: Liefde (2017)

LANSKAP | Q&A | AUDITORIUM IFI-LIP

Slot ini akan diisi oleh empat film dari program Lanskap: O-Sepig (2018), Merahnya Biru (2018), Liefde (2018), Going Home to Indonesia (2018). Keempat film tersebut menawarkan cara pandang dalam memaknai film dokumenter Indonesia, sekaligus melihat Indonesia melalui film dokumenter. Mulai dari kisah tentang betapa lenturnya batasan geografis berupa negara, lewat geliat ojek di daerah perbatasan Indonesia-Malaysia di O-Sepig. Kehidupan seorang penjual takoyaki di kawasan Little Tokyo, Blok M, bagaimana ia memaknai budaya Jepang lewat relasi yang terjadi antara kehidupannya dengan pembangunan di Merahnya Biru. Liefde yang merekam pencarian Enang, menelusuri jejak sejarah yang dihapus oleh waktu, dan menjalin kembali relasi antara nenek buyut-cucu, sekaligus mempertanyakan apa itu arti keluarga. Hingga Going Home to Indonesia, yang menyajikan momen kepulangan keluarga asal Indonesia yang telah beberapa tahun menetap di Perancis.

 

14.00 WIB

Review Film: Small Talk (2016)

SMALL TALK (2016) | SOCIETET TBY

Small Talk, menggambarkan salah satu sudut kota Taiwan melalui relasi Ibu dan Anak diluar standart umum. Antara ibu dan anak tidak ada peristiwa serba manis yang mengharu biru. Hanya ada sisi sisi kelam yang dibawa oleh subyek subyek film Small Talk.

 

14.30 WIB

in-the-stillness

IN THE STILLNESS OF THE SOUNDS (2018) | AUDITORIUM IFI-LIP

Melalui In The Stillness of The Sound kita akan disajikan peristiwa di mana manusia merespon alam melalui audio. Seorang bernama Marc, yang mendedikasikan hidupnya pada bunyi-bunyian, merekam suara-suara yang ditemuinya di hutan Pegunungan Vosges.

 

14.45 WIB

DOC TALK “PROGRAMMING ON TABLE: SIASAT PROGRAM DAN PENONTON” | AMPHITHEATER TBY

Bersama Alexander Matius, Fan Wu dan Chris Fujiwara, praktek programming dibedah untuk melihat bobot kerja yang tidak kalah berat dengan pembuat film dokumenter. Di sini, mereka akan berbagi pengalaman pengalamannya sebagai programer di berbagai festival atau pemutaran film. Program ini membantu untuk estetika dari film yang kemudian dapat menyangkut wilayah komersil.

 

16.00 WIB

FFD2018 | Film | Photo Farag

PHOTO FARAG (2016) | SOCIETET TBY

Photo Farag, salah satu film program kompetisi kategori panjang, menawarkan kisah dari sebuah keluarga keturunan Irak-Yahudi yang berasal dari Baghdad. Persoalan demi persoalan keluarga Faraq, mendorong penonton untuk menemui masa masa kejayaan bisnis fotografi mereka yang sebenarnya kontras dengan kondisi saat ini.

 

16.30 WIB

retrospektif harun faroucki

RETROSPEKTIF HARUN FAROCKI | AUDITORIUM IFI-LIP

Slot ini akan diisi oleh pemutaran Worker Leaving The Factory (1995), sebuah esai dokumenter di mana Farocki menjelajahi scene ini melalui sejarah film, menghasilkan sebuah analisis sinematografi yang menakjubkan dalam medium sinematografi itu sendiri, mulai dari Modern Times-nya Chaplin, Metropolis-nya Fritz Lang, hingga Accatone! karya Pier Paolo Pasolini Pemutaran film ini juga akan diikuti oleh sesi diskusi dengan Fiky Daulay dari KUNCI Cultural Studies, sebagai pembicara dan Mahardika Yudha dari Forum Lenteng sebagai penanggap.

 

18.30 WIB

good-night_good-bye-劇照01

GOODNIGHT & GOODBYE (2018) | Q&A | AUDITORIUM IFI-LIP

Penelusuran subyek pada asal mula karyanya. Dalam penelusuran ini, kita akan diajak untuk bayangan-bayangan kelam dalam sudut-sudut memori tanpa batas.

 

19.00 WIB

Golden-Memories-2

GOLDEN MEMORIES (2018) | Q&A | SOCIETET TBY

Sejarah sinema keluarga yang ditelusur hingga ke negeri tetangga, membawa tawaran wacana yang sebenarnya jarang dibahas di arus utama. Seluruh narasumber yang ditemui memberi angin segar dalam dunia perfilman Indonesia.

x-galeri31

PERSPEKTIF | AMPHITHEATER TBY

Pada slot ini, penonton dapat menyaksikan dua film dari program Perspektif: x galeri (2017) dan Adorable Girl (2018). X-Galeri mengajak penonton untuk mengenal hiruk pikuk pekerja di balik layar. Banyak dari merek yang menawarkan realitas pekerja yang sebenarnya jam dan operasinya tidak mungkin setiap hari. Sedang pada Adorable Girl, Kundu Sudipta merekam kisah Ladli, seorang perempuan yang dijauhi marganya, dalam perjalanannya mencari kemiripan arti dalam hidup dan tubuh yang dia miliki.

 

20.00 WIB

Preview Copy - Holding Hands With Ilse.mp4_snapshot_00.21.42_[2018.11.30_00.44.31]

HOLDING HANDS WITH ILSE (2017) | Q&A | AUDITORIUM IFI-LIP

Salah satu film dalam program Human, Frame by Frame ini, mengangkat pencarian Ravett, si sutradara, atas seorang gadis Jerman yang dulu pernah merawatnya di tahun 1948-1950 di Walbrzych, Polandia, tempat Ravett dilahirkan. Mengetahui hanya nama si gadis dan foto mereka berdua yang diambil di tahun 1950, sang sutradara menelusuri lanskap urban Polandia barat, yang berakhir ketika dia bertemu kembali dengan sosok yang ia cari di Ibbenbüren, Jerman.

 

20.30 WIB

solving

SOLVING MY MOTHER (2017) | AMPHITHEATER TBY

Seorang ahli matematika muda mengalami krisis hidup. Ia menyalahkan ibunya dalam segala kegagalan yang ia alami. Lahir di keluarga akademisi yang kemudian bercerai, ia mulai kecewa dengan kehidupannya kini. Melalui hubungan ibu-anak yang unik, kita mengikuti kisah kreatif dan destruktif sebuah kasih sayang. Film ini merupakan salah satu finalis kategori dokumenter panjang.

 

INSTALASI DOCSOUND: WATERLAND (2018) | RUANG EPSON, TBY

Kamu dapat menikmati instalasi ini dari hari Kamis 6 Desember-Selasa 11 Desember di Ruang Epson, TBY pada pukul 14.00-17.30 WIB dan 18.30-21.00 WIB. Waterland (2018) merupakan satu bagian program DocSound yang  menghadirkan posisi suara di kehidupan keseharian melalui medium film. Pilihan film dalam program ini memperlakukan elemen suara sebagai kekuatan utamanya dan membuka perspektif baru dalam mendekati hubungan antara film, suara, dan kehidupan keseharian kita.

DOKUMENTER INTERAKTIF: FEELINGS OF REALITY | RUANG GALERI, TBY

4 dokumenter pendek berbasis VR, akan dapat kamu nikmati di slot ini dari Kamis 6 Desember hingga Selasa 11 Desember di Ruang Galeri TBY pada pukul 13.00-16.00 WIB dan 18.30-20.30 WIB. Gaza’s Amputee Football Team, Cuba’s Blind Baseball, Living with Disability, dan The Curse of Palm Oil, merupakan bagian dari  program Feelings of Reality yang hadir untuk memperluas pengaruh film-film yang menyuarakan isu disabilitas dengan cara menayangkan film dokumenter dan film dokumenter berbasis VR (Virtual Reality)

Close Menu