Dokumenter Animasi : Membahasakan Realitas yang Tak Terbayangkan

  • 7 film

SPEKTRUM

Setiap medium atau metode penceritaan menawarkan kebebasan sekaligus tantangan yang berbeda-beda. Animasi, salah satunya, menjadi bahasa baru untuk menyampaikan kosaemosi yang sulit digambarkan dalam film dokumenter biasa. Bila kita bersepakat bahwa imajinasi, mimpi, dan ingatan adalah bagian dari realitas sehari-hari, animasi barangkali adalah pilihan bentuk paling tepat sebagai medium bercerita. Dalam kasus lain, animasi dapat menjadi alternatif bentuk untuk menggambarkan kengerian dan trauma masa lalu, yang tidak akan cukup kuat jika hanya dipaparkan melalui arsip foto/teks atau wawancara.

Meskipun diskursus dokumenter animasi sudah berkembang di banyak festival di seluruh dunia, ini menjadi pertama kalinya Festival Film Dokumenter (FFD) menghadirkan secara khusus dokumenter animasi sebagai sebuah program.

FFD menghadirkan tiga film dokumenter panjang dan empat film dokumenter pendek yang mengajak penonton untuk—selain menikmati ceritanya—juga mengamati apa dan bagaimana peran animasi dalam masing-masing film.

FILM
Lipsett Diaries
Lipsett Diaries
Theodore Ushev
14 min.
Still Born
Still Born
Åsa Sandzén
9 min.
Apart
Apart
Diana Cam Van Nguyen
10 min.
The Neighbours
The Neighbours
Martin Búřil
9 min.
The State Against Mandela and the Others
The State Against Mandela and the Others
Nicolas Champeaux
,
Gilles Porte
105 min.
Felvidek. Caught in Between
Felvidek. Caught in Between
Vladislava Plančíková
75 min.
Le Film de Bazin
Le Film de Bazin
Pierre Hébert
70 min.
Close Menu