The Feelings of Reality

The Feelings of Reality

The Feelings of Reality merupakan salah satu program Forum Film Dokumenter (FFD) yang bekerja sama dengan VOICE Global. Berjalan selama 2018-2020, program ini bertujuan untuk meretas realitas melalui film dokumenter berbasis Virtual Reality (VR). Dengan mengangkat topik disabilitas, medium VR dipilih sebagai salah satu upaya untuk membawa audiens lebih dekat dengan realitas yang dihadapi oleh subjek, sehingga ada kesadaran yang berusaha ditumbuhkan mengenai isu tersebut melalui film.

Dimulai dari tahap penelitian, produksi, hingga distribusi, program ini bekerja dengan filmmaker lokal dari 4 wilayah dan telah menghasilkan 8 film dokumenter berbasis VR. Film-film tersebut telah diputar dan dilanjutkan dengan sesi diskusi bersama stakeholder, NGO, dan pegiat difabel setempat, sebelum pada akhirnya didistribusikan secara luas kepada publik.

Pada tahun ini, distribusi program terhenti akibat pandemi. Berangkat dengan tema “Expanding the Empathy”, program ini pada akhirnya memberikan tawaran baru dalam menonton dokumenter VR melalui website interaktif. Secara partisipatoris, kisah pengalaman audiens yang telah dikumpulkan melalui wawancara dan observasi dapat ditelusuri sebagai panduan untuk menonton film. Cerita-cerita tersebut akan terus bertambah dan berkembang seiring dengan partisipasi audiens dalam platform tersebut.

Program ini didukung oleh: