The Feelings of Reality

Virtual Reality Documentary

CALL FOR APPLICATION​

Realita para penyandang disabilitas jelas berbeda dengan yang dialami oleh non-difabel. Bisa jadi, hal inilah yang membuat kepedulian terhadap penyandang disabilitas kerap dipandang sambil lalu. Beberapa tahun yang lalu kami memiliki kesempatan untuk memutarkan film-film berbasis Virtual Reality (VR) dengan fokus khusus pada isu-isu disabilitas. Ini adalah momen di mana kami menyadari bahwa ada banyak alternatif lain untuk menyajikan isu ini kepada publik.

Medium VR dipilih atas kemampuannya dalam membawa pemirsanya ke sebuah pengalaman sinematik ke tingkatan lebih lanjut. Dalam pembuatan film dokumenter, VR akan mampu memberikan perspektif yang berbeda dalam mempersepsikan film dokumenter daripada bentuk film pada umumnya.

Dengan harapan kuat bahwa medium ini nantinya akan mampu membangun kesadaran dan meningkatkan sensibilitas pemirsanya atas hal-hal di seputar isu disabilitas. Tahun ini FFD bekerjasama dengan Voice Global menyelenggarakan program bertajuk The Feelings of Reality. Sebuah program yang berfokus pada bagaimana kita dapat menumbuhkan kepedulian terhadap isu disabilitas melalui metode alternatif yang inovatif. Melalui penggunaan teknologi film dokumenter Virtual Reality (VR), kami ingin mengajak filmmaker untuk meretas realita bersama, memantik perpindahan, mengajak publik untuk keluar dari tubuh, lantas hinggap ke raga yang lain. 

Forum Film Dokumenter
VOICE

RINCIAN PROGRAM

Program The Feelings of Reality terselenggara selama 2018-2020 dan berlangsung di 4 daerah target (DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Nusa Tenggara Barat).

Secara keseluruhan, rangkaian program The Feelings of Reality meliputi 3 tahapan, yaitu tahapan penelitian, produksi, dan ekshibisi. Fase penelitian memiliki tujuan untuk memetakan permasalahan dan narasi yang menarik mengenai isu disabilitas di 4 daerah target, fase penelitian ini telah selesai dilaksanakan pada bulan Februari lalu. Tahapan ini kemudian dilanjutkan dengan fase produksi, yaitu proses dimana filmmaker terpilih akan berpartisipasi dalam workshop film dokumenter VR sekaligus fasilitasi produksi yang didampingi oleh para mentor di masing-masing lokasi daerah target tersebut.

Film-film dokumenter VR yang selesai diproduksi kemudian akan diekshibisikan pada Festival Film Dokumenter 2019. Selain itu, film yang telah dibuat juga akan didistribusikan ke komunitas film, CSO disabilitas dan sekolah-sekolah di 4 daerah target. Berbagai pihak mulai dari komunitas disabilitas, pegiat sosial, pemangku kebijakan, dan publik umum akan turut diundang untuk mengalami kisah-kisah yang diceritakan pada film dokumenter VR tersebut. Di dalam program ini, filmmaker terpilih akan mendapatkan dukungan pendanaan, serta wajib berpartisipasi di dalam fase produksi dan ekshibisi.

PERSYARATAN KEIKUTSERTAAN

Proyek yang akan dikerjakan di dalam program ini adalah proyek film dokumenter VR dengan durasi pendek.

  1. Filmmaker yang berdomisili di empat provinsi di Indonesia (DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Nusa Tenggara Barat)
  2. Minimal berusia 18 tahun.
  3. Berpengalaman dalam produksi film, baik secara profesional maupun non-profesional atau memiliki latar belakang dengan dunia broadcasting, fotografi, seni visual.
  4. Pembuat film tidak wajib memiliki pengalaman dalam pembuatan film dokumenter VR, mentor akan memberikan pendampingan teknis dan perspektif yang dibutuhkan untuk memperkuat project film dokumenter VR yang akan dikerjakan.
  5. Berkomitmen untuk berpartisipasi penuh dalam keseluruhan durasi program (workshop, pre-produksi, produksi) dan segala persiapannya.

Proses seleksi dilakukan oleh panel yang diisi oleh penyelenggara, mentor, dan SIGAB sebagai perwakilan CSO disabilitas yang ditunjuk untuk membantu penyeleksian filmmaker terpilih. Keputusan panel seleksi tidak dapat diganggu-gugat, Total project film yang terpilih adalah 8 project film dokumenter VR. Project dan filmmaker yang terpilih akan diumumkan pada tanggal 26 Mei 2019 melalui email.

Keikutsertaan di dalam program ini tidak dipungut biaya apapun.

Untuk informasi dan pertanyaan lebih lanjut bisa dikirim melalui email [email protected] dengan subjek “The Feelings of Reality: Pertanyaan” atau menghubungi nomor 0896-6786-1671 (Adit) melalui WhatsApp saat jam kerja (09.00 – 16.00 WIB)

Close Menu