Focus on Canada

Pada tahun 1914, antropolog Edward S. Curtis menyutradarai film In the Land of the Hunters bersama masyarakat Kwakiutl di British Columbia, provinsi paling barat di Kanada. Walaupun film ini merupakan salah satu film feature paling awal yang berhasil bertahan di negaranya–yang juga sebagian besar berlandaskan prinsip-prinsip dokumenter dan secara eksplisit berlatarkan lokasi di sepanjang garis pantai–tapi produksi film di British Columbia abad berikutnya tak selalu mengikuti pakem dokumenter yang serupa.

Meski industri film Kanada terlokalisasi di Toronto dan Montreal, British Columbia tetap menjadi pusat produksi film dan televisi internasional. Hal itu sebagian disebabkan adanya potongan pajak produksi yang memikat. Meskipun demikian–kecuali di beberapa film feature independen, film dokumenter, dan video–jarang sekali ada proyek yang menampilkan Vancouver atau daerah hutan eksotis di provinsi itu sebagai daerah itu sendiri; malahan ruang-ruang urban dan rural tersebut sering ditawarkan sebagai visual pengganti untuk pemandangan di Amerika.

Pacific Standard Time menyatukan karya-karya gambar bergerak yang historis dan kontemporer dari karya para filmmaker dan seniman dari West Coast. Masing-masing karyanya menjawab pertanyaan tentang temporalitas sinematik yang berbeda dan kekhasan geografis British Columbia. Dimulai dengan hitungan mundur yang padu, Opening Day (2016) garapan Zoe Kirk-Gushowaty menangkap sensasi menegangkan dari lapangan pacu Hastings di Vancouver yang diambil dan diedit di kamera dengan hanya satu rol film Super 8.

Filmmaker lain menggunakan satu rol film sebagai titik awal investigasi mereka. Entah itu durasi dari take tunggal Jessica Johnson dalam Einst (2016) yang memikat atau Chris Gallagher dalam Seeing in the Rain (1981), dimana dokumentasi sang filmmaker pada perjalanan bus di tengah hujan gerimis melewati Jalan Granville di Vancouver diacak dan diedit menjadi satu pertunjukkan tentang awal dan akhir yang menghipnotis.

Waktu dan tempat yang tumpang-tindih dalam karya Canadian Pacific (1975) milik David Rimmer menyusun klip rekaman kereta, pegunungan, dan Pelabuhan Vancouver yang diambil dalam selang waktu tiga bulan. Sedangkan Eclipse (1979) karya Peter Lipskis, sesuai namanya, menyajikan gerhana yang dilihat secara langsung dari dalam kamar hotel, bersamaan dengan liputannya di televisi.

Akhirnya, program ini mengikutsertakan karya-karya para seniman video yang terinspirasi dari film pendek maupun panjang. Diproduksi sesuai dengan standar penayangan televisi dan disiarkan secara lokal di tengah-tengah iklan konvensional, Television Spots (1991) milik Stan Douglas menawarkan narasi petunjuk-petunjuk misterius dalam fragmen-fragmen 15 dan 30 detik, sementara kolektif Amelia Productions memadatkan cuplikan-cuplikan dari pendudukan pusat-pusat telepon utama di provinsi tersebut oleh serikat pekerjanya. Film dan video dalam Pacific Standard Time menawarkan lokalisasi potret sebuah tempat, meskipun dilihat melalui lensa yang bias dan majemuk.
Pada tahun 1914, antropolog Edward S. Curtis menyutradarai film In the Land of the Hunters bersama masyarakat Kwakiutl di British Columbia, provinsi paling barat di Kanada. Walaupun film ini merupakan salah satu film feature paling awal yang berhasil bertahan di negaranya–yang juga sebagian besar berlandaskan prinsip-prinsip dokumenter dan secara eksplisit berlatarkan lokasi di sepanjang garis pantai–tapi produksi film di British Columbia abad berikutnya tak selalu mengikuti pakem dokumenter yang serupa.

Meski industri film Kanada terlokalisasi di Toronto dan Montreal, British Columbia tetap menjadi pusat produksi film dan televisi internasional. Hal itu sebagian disebabkan adanya potongan pajak produksi yang memikat. Meskipun demikian–kecuali di beberapa film feature independen, film dokumenter, dan video–jarang sekali ada proyek yang menampilkan Vancouver atau daerah hutan eksotis di provinsi itu sebagai daerah itu sendiri; malahan ruang-ruang urban dan rural tersebut sering ditawarkan sebagai visual pengganti untuk pemandangan di Amerika.

Pacific Standard Time menyatukan karya-karya gambar bergerak yang historis dan kontemporer dari karya para filmmaker dan seniman dari West Coast. Masing-masing karyanya menjawab pertanyaan tentang temporalitas sinematik yang berbeda dan kekhasan geografis British Columbia. Dimulai dengan hitungan mundur yang padu, Opening Day (2016) garapan Zoe Kirk-Gushowaty menangkap sensasi menegangkan dari lapangan pacu Hastings di Vancouver yang diambil dan diedit di kamera dengan hanya satu rol film Super 8.

Filmmaker lain menggunakan satu rol film sebagai titik awal investigasi mereka. Entah itu durasi dari take tunggal Jessica Johnson dalam Einst (2016) yang memikat atau Chris Gallagher dalam Seeing in the Rain (1981), dimana dokumentasi sang filmmaker pada perjalanan bus di tengah hujan gerimis melewati Jalan Granville di Vancouver diacak dan diedit menjadi satu pertunjukkan tentang awal dan akhir yang menghipnotis.

Waktu dan tempat yang tumpang-tindih dalam karya Canadian Pacific (1975) milik David Rimmer menyusun klip rekaman kereta, pegunungan, dan Pelabuhan Vancouver yang diambil dalam selang waktu tiga bulan. Sedangkan Eclipse (1979) karya Peter Lipskis, sesuai namanya, menyajikan gerhana yang dilihat secara langsung dari dalam kamar hotel, bersamaan dengan liputannya di televisi.

Akhirnya, program ini mengikutsertakan karya-karya para seniman video yang terinspirasi dari film pendek maupun panjang. Diproduksi sesuai dengan standar penayangan televisi dan disiarkan secara lokal di tengah-tengah iklan konvensional, Television Spots (1991) milik Stan Douglas menawarkan narasi petunjuk-petunjuk misterius dalam fragmen-fragmen 15 dan 30 detik, sementara kolektif Amelia Productions memadatkan cuplikan-cuplikan dari pendudukan pusat-pusat telepon utama di provinsi tersebut oleh serikat pekerjanya. Film dan video dalam Pacific Standard Time menawarkan lokalisasi potret sebuah tempat, meskipun dilihat melalui lensa yang bias dan majemuk.

1975 —
 9 min —
 9 min
 David Rimmer
Dalam Canadian Pacific II, David Rimmer meleburkan rangkaian rel kereta, pegunungan, dan kapal-kapal yang lewat di pelabuhan Vancouver selama tiga bulan –dari Desember 1974 sampai Februari 1975– ke dalam sembilan…
1979 —
 4 min —
 4 min
 Peter Lipskis
Eclipse memperlihatkan kontras pemandangan kamar hotel di jalanan pusat kota Portland, Oregon, selama gerhana matahari total, disertai siaran langsung televisi yang meliputnya.  
1981 —
 11 min —
 11 min
 Chris Gallagher
Cuplikan dari perjalanan menaiki bus Vancouver di kala hujan dipilah dan diatur ulang sedemikian rupa, dengan gerakan wiper kaca mobil bergerak bagaikan ayunan metronom ruang dan waktu.
2016 —
 12 min —
 12 min
 Jessica Johnson
Dalam single-shot yang diambil Jessica Johnson untuk film Einst, seorang wanita muda melakukan pendakian ke bagian terpencil dari Seymour, utara Vancouver.
1981 —
 9 min —
 9 min
 Amelia Productions
T.W.U. Tel mendokumentasikan pendudukan pusat-pusat telepon utama di provinsi tersebut oleh Serikat Pekerja Telekomunikasi British Columbia selama lima hari.
2016 —
 3 min —
 3 min
 Zoe Kirk-Gushowaty
Dalam film Opening Day karya Zoe Kirk-Gushowaty, sebuah rol film Super 8 menangkap detik-detik hitung mundur, gerbang, dan garis finish.
1991 —
 6 min —
 6 min
 Stan Douglas
Television Spots terdiri dari 12 pita rekaman pendek, berdurasi 15-30 detik, yang dirancang untuk disiarkan di tengah-tengah iklan yang menghuni tayangan televisi tengah malam.