Pengunjung Festival Film Dokumenter menonton film program SCHOOLDOC

Pengarsipan

Melihat banyaknya dokumenter yang terkumpul dari festival, Forum Film Dokumenter berinisiatif melakukan penataan koleksi sejak 2008. Melalui aktivitas ini, kami mencoba menghubungkan pembuat film, komunitas, dan publik sebagai satu kesatuan ekosistem dokumenter, yang diharapkan tumbuh semakin beragam di masa mendatang.

Forum Film Dokumenter telah mengumpulkan lebih dari 3.000 judul dokumenter sejak tahun 2002. Beragamnya tema dan bentuk yang ditawarkan oleh film-film yang ada membuat koleksi kami menjadi sebuah kekayaan intelektual tersendiri. Oleh karena itu, pengolahan koleksi terus diperbaiki untuk mempermudah akses sekaligus distribusi nilai-nilai yang terkandung dalam film-film koleksi lewat program-program yang dibuat oleh FFD maupun komunitas/organisasi lain yang mengakses koleksi kami.

Mulai 2020, Forum Film Dokumenter membuka koleksinya dalam platform online secara bertahap. Diawali dengan menyusun database, kami terus mengusahakan pengarsipan sebagai bagian dari rekam sejarah yang dapat menjadi rujukan bagi masa depan dan cermin untuk sekarang.

Jika kamu atau institusi yang kamu wakili tertarik mengakses arsip kami untuk kepentingan pemutaran privat, publik, maupun bentuk agenda edukasi dan ekshibisi lainnya, silakan hubungi kami melalui surel ke [email protected]