Masterclass: Good Pitch – Create, Connect, and Change

good-pitch-01-small

Bertempat di Aditorium IFI-LIP Sagan, Yogyakarta, Selasa (8/12) lalu berlangsung acara seminar Good Pitch: Create, Connect, and Change. Seminar yang dimulai pukul 09.00 pagi ini mensosialisasika GoodPitch sebagai sebuah program yang dikembangkan oleh BRITDOC. Seminar dipimpin langsung oleh Elise McCave yang merupakan wakil direktur BRITDOC. Dari New York, Elise mempunyai visi untuk mengembangkan program Good Picth secara globaldengan membangun kemitraan antara pemangku kepentingan dari beragam ranah disiplin seperti LSM, filantropi, wirausaha, korporasi, jaringan televisi, pendidik, pembuat kebijakan, dan para pelopor penggerak sosial yang berminat menggunakan film dokumenter sebagai instrumen pemicu perubahan dalam masyarakat. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan semangat para pemmbuat film untuk berkarya lebih baik.

Sebagai Koordinator Master Class tahun ini, Henricus Pria memaparkan, “Tahun ini kami bekerja sama dengan Britdoc sebagai media partner, seminar ini menjadi media informasi untuk masyarakat jogja bahwa program Good Pitch akan dibuka pada bulan Februari 2016 (call for entry), karena tahun ini FFD ada program Masterclass, kami berharap peserta Masterclass juga akan mendapatkan informasi baru bagi perkembangan projeknya”.

Sementara itu, BW. Purbanegara selaku juri kategori film dokumenter pelajar, memeberi respons baik dengan adanya program Good Pitch di Indonesia, “Dokumenter merupakan elemen penting untuk masyarakat jogja yang membutuhkan strategi-strategi baru. Yang menarik di sini ketika kita bisa menemukan hubungan jejaring yang baru agar strategi perubahan itu lebih banyak. hal ini penting untung melihat kasus lain,” ungkapnya.

Bicara lebih dalam mengenai Good Pitch, Amelia Hapsari selaku salah seorang pendiri program ini di Indonesia menjelaskan strategi Good Pitch, yang pertama adalah Call For Entry. “Dari proposal-proposal yang terkumpul, akan kami pilih 5 film yang terbaik, kemudian 5 film terbaik tersebut masing-masing kami beri koordinator yang akan bersama menstrategi teknis target film nantinya, seperti patner yang cocok dan target film akan ditontonkan kepada siapa hingga terbentuk sebuah event untuk film-film tersebut,” ungkapnya. Hal ini diharapkan akan memberi minat lebih pada para jaringan televisi untuk melirik film dokumenter.

Program Good Pitch ini membuka kesempatan bagi sutradara-sutradara film dokumenter sebab para filmmaker dapat bertemu orang-orang yang dapat mendukung pendanaan karya yang akan dibuat. Untuk saat ini dapat diakui bahwa Good Pitch merupakan strategi yang apik untuk perfilman dokumenter. Program Good Pitch sendiri dapat dikatakan sebagai bagian dari rangkaian acara Festival Film Dokumenter 2015.

Recent Posts
Donec efficitur. ante. Aenean Praesent dapibus elit.