Tur Kuratorial Etnografi Indrawi bersama Fiky Daulay

SHARE

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on print

Pada 5 Desember 2019, programer dan kurator ekshibisi Festival Film Dokumenter (FFD) 2019, Fiky Daulay memandu tur kuratorial pameran film bertajuk Etnografi Inderawi di galeri Kedai Kebun Forum. Di ruangan tersebut terpajang karya dari empat filmmaker yang tergabung dalam SEL (Sensory Ethnography Lab). SEL adalah kolektif Antropolog yang berbasis di Universitas Harvard, Amerika Serikat.  

Perjalan kuratorial ini dimulai dari karya J.P Sniadecki berjudul The Yellow Bank (2019). Karya ini  menghadirkan pergantian cuaca di kota Shanghai yang begitu cepat, seiring dengan pergantian cahaya dari gedung-gedung tinggi. Pengunjung pameran akan dipancing untuk merasakan dinginnya air hujan yang seolah mengenai wajah atau anggota tubuh yang lain. Perjalanan dilanjutkan pada karya kedua, film An Aviation Field (Joana Pimenta, 2016). Pada instalasi tersebut tersedia sebuah tangga yang kemudian mendapat respon dari penonton untuk dimanfaatkan sebagai arena menonton film.

Berbeda dengan karya lainnya, Notes From The Fringe (2019, Aryo Danusiri) dilihat Fiky sebagai karya yang mampu membangun impresi penonton untuk merasakan apa yang dirasakan filmmaker pada dua periode peristiwa. Selanjutnya Terrace of the Sea (Diana Keown Allan, 2009) dihadirkan melalui instalasi ruang menonton dengan TV 21 inch yang diletakkan diatas sebuah meja, ditambah dengan sebuah bean bag. Instalasi yang demikian, membangun suasana di dalam rumah ketika mengamati peristiwa pada “rumah sementara” untuk pengungsi di Palestina. 

Fiky menjelaskan bahwa alur yang digunakannya dalam perjalanan ini dimulai dari peristiwa yang jauh dari manusia hingga ke persoalan intim. Mulai dari alam hingga melihat keluarga dari TV 21 inch.

Penulis: Nisa Rachmatika