Le Film de Bazin (2017): Upaya Pierre Hébert Meneruskan Karya André Bazin

SHARE

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on print

Pada musim semi 1958, André Bazin, kritikus film Prancis telah mempersiapkan segalanya untuk membuat karya dokumenter tentang gereja-gereja kuno bergaya Romanesque di bekas provinsi Saintonge, Prancis. Ratusan foto, catatan, sketsa berhasil dikumpulkan dan meraciknya menjadi naskah film dokumenter. Tetapi film yang dimaksud tidak pernah muncul wujudnya. Bazin lebih dahulu meninggal karena sakit leukemia pada 11 November 1958.

Lebih dari setengah abad berlalu, Pierre Hébert, pembuat film asal Kanada tertarik dengan kerja Bazin yang belum selesai. Berbekal catatan naskah Bazin yang pernah diterbitkan di jurnal film Cahiers du Cinema edisi ke-100 pada 1959 silam, Hébert mencoba merealisasikan film Bazin.

Hébert merekonstruksi kembali catatan-catatan Bazin mengenai gereja-gereja Romanesque. Ia memadukan dokumenter dengan sentuhan animasi yang dibuat oleh Héberts sendiri dan memainkan peran penting dalam sebagian besar film yang diberi judul Le film de Bazin (2017). Sepanjang 70 menit, Anda akan mendengar suara Michael Lonsdale membacakan naskah Bazin.

Berlalunya waktu, tentang pemulihan dan masa depan di atas reruntuhan, kehidupan modern yang menghampiri bangunan tua, terekam dalam film yang tidak sempat diselesaikan oleh Bazin. Sebuah keanekaragaman representasi dari gereja-gereja usang era Romanesque di Saintonge.

Le Film de Bazin (2017) merupakan salah satu film dari program Spektrum dan diputar dalam Festival Film Dokumenter (FFD) 2019 pada Sabtu, 7 Desember 2019 pukul 13.00 WIB di Auditorium IFI-LIP.

Penulis: Tony Firman

Close Menu