NAWI ISMAIL DALAM SINEMA INDONESIA

Catatan Program

Tak hanya aktif membuat film fiksi, Nawi Ismail (1918–1990) juga pernah terlibat dalam pembuatan film berita semasa bersama Nippon Eiga Sha. Selama pemerintahan Orde Lama dan Orde Baru, Nawi Ismail menyutradarai sekaligus menyunting film yang ia produksi. Meski demikian, kontribusi Nawi Ismail dalam sinema Indonesia hanya menjadi catatan kaki dalam sejarah. Ia lebih dikenal sebagai sutradara film B yang berkolaborasi dengan Benyamin Sueb. Diskusi ini akan membahas tentang penelitian dan pembacaan terhadap film buatan Nawi Ismail yang dipublikasikan dalam buku Biang Kerok Kenikmatan: Nawi Ismail dalam Sinema Indonesia (Footnote Press, 2023).

Jadwal

Cemeti–Institute for Art and Society
7 Desember 2023, 15:30 WIB

Bahasa Pengantar

Bahasa Indonesia

Pembicara

Umi Lestari

Penulis Biang Kerok Kenikmatan: Nawi Ismail dalam Sinema Indonesia (Footnote Press, 2023)

Umi Lestari merupakan penulis, peneliti, dan pengajar. Ia tertarik untuk meneliti sosok dan film yang terpinggirkan dalam sejarah film Indonesia. Bersama dengan kolektif Kelas Liarsip, Umi melakukan penelitian dan program digitisasi film karya Ratna Asmara. Selain itu, Umi juga menerbitkan buku tentang sutradara dan editor film, Nawi Ismail, pada tahun 2023. Saat ini Umi mengajar di Prodi Film, Universitas Multimedia Nusantara.

Moderator

Eric Sasono

Kritikus Film

Eric Sasono merupakan seorang kritikus film. Ia memperoleh PhD dalam bidang kajian film dari King’s College London. Pendiri Rumah Film (2007-2011). Sempat menjadi pengurus di Yayasan Masyarakat Mandiri Film Indonesia (YMMFI) yang menyelenggarakan JIFFest dan Indocs. Merupakan salah satu pendiri Indonesian Film Society di London yang bertujuan memajukan film dan kebudayaan Indonesia untuk publik di London. Kini bekerja di salah satu lembaga nonpemerintah di Jakarta.