BUAH TANGAN DARI BANYUMAS RAYA

Diskusi Umum bersama Festival Film Purbalingga

Catatan Program

Festival Film Purbalingga (FFP) merupakan festival tahunan yang berfokus pada ekshibisi dan produksi film sebagai medium ekspresi. Memasuki tahun ke-17, FFP konsisten untuk melibatkan pelajar SMA/sederajat di Kawasan Banyumas Raya untuk aktif berpartisipasi dalam setiap pergerakannya. Berbagai film yang diproduksi oleh pelajar sebagian besar merupakan kerja kolaborasi produksi film dengan berbagai institusi pendidikan, baik formal maupun alternatif. Tahun ini, FFP bekerja sama dengan Festival Film Dokumenter untuk memutarkan film Panderes dan Pangidep (Achmad Ulfi, 2014), Tambang Pasir (Sekar Ayu, 2019), dan Korban Bendung Menganti (Nur Hidayatul Fitria, 2015 ). Pemutaran ini menjadi pengantar untuk melihat lebih jauh aktivasi yang selama ini dilalui oleh FFP.

Jadwal

Gedung ex Bioskop Permata
7 Desember 2023, 13:00 WIB

Bahasa Pengantar

Bahasa Indonesia

Pembicara

Bowo Leksono

Penasihat Festival Film Purbalingga

Berangkat dari gelanggang teater sejak 1994, mantan wartawan ini telah menelurkan puluhan film fiksi dan dokumenter. Bersama beberapa komunitas film di Purbalingga, pada 2006 alumni Fakultas Hukum UNDIP Semarang ini membentuk komunitas bernama Cinema Lovers Community (CLC) Purbalingga. Sejak 2007, CLC Purbalingga menggelar Parade Film Purbalingga, yang kemudian memakai nama Festival Film Purbalingga hingga kini.

Sekar Ayu Kinanti

Sutradara Tambang Pasir (2019)

Kelahiran Purbalingga, 2001. Awal bergabung dengan Sabuk Cinema, ekstrakulikuler sinema SMA Negeri 1 Bukateja Purbalingga, menyukai penulisan dan menelurkan dokumenter bertajuk Tambang Pasir (2019). Anti, panggilan akrabnya, kini tercatat sebagai mahasiswa semester VII Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Yogyakarta.

Moderator

Suluh Pamuji

Film Programmer, Direktur Eksekutif KDM CINEMA

Suluh Pamuji adalah seorang film programmer yang bekerja sebagai Direktur Eksekutif di KDM CINEMA. Ia banyak menciptakan program ekshibisi film dan program pengembangan ekosistem perfilman. Sebelumnya, ia pernah terlibat sebagai juru program, rekan pengelola program, hingga direktur program untuk beberapa festival film, meliputi Jogja-NETPAC Asian Film Festival, ReelOzInd, dan International Changing Perspective Short Film Festival.

Mitra