Lokakarya Kritik Film

Lokakarya Kritik Film FFD 2021

Pendaftaran : 23 September-23 Oktober 2021

Kerja kolektif dalam membangun keseimbangan ekosistem perfilman adalah perjalanan yang tidak sebentar. Setiap individu dapat menempatkan diri pada masing-masing bagian berdasarkan kemampuan. Namun, kemampuan bukanlah hal yang datang begitu saja. Ia perlu diasah, diolah, dan diberi ruang untuk tumbuh dan berkembang. Dalam ekosistem perfilman, kemampuan dalam memproduksi dan mendistribusikan karya jauh lebih masif. Selalu ada yang baru, baik dari penciptanya maupun karya-karya yang mewujud. Keseimbangan ekosistem perfilman, tentu harus mempertimbangkan jenis dan ruang kegiatan perfilman lain, salah satunya adalah kritik film.

Lokakarya kritik film digagas sebagai sebuah inkubator bagi setiap individu yang memiliki minat dalam membaca film sebagai salah satu wujud apresiasi. Keberlangsungan ruang ini bukan sebagai bentuk kompetisi dari ragam kegiatan perfilman lain, melainkan mengajak setiap partisipan yang terlibat untuk berpikir kritis, membaca perkelindanan antara film sebagai karya, produksi pengetahuan, dan konteks sosiokultural.

Upaya untuk mewujud-kembangkan inkubator ini telah diinisiasi oleh Cinema Poetica bersama Forum Film Dokumenter sejak 2017. Bermula sebagai bagian dari penyelenggaraan Festival Film Dokumenter, lokakarya kritik film semakin mendapatkan respons baik. Bukan hanya tampak dari perkembangan partisipan setelah kegiatan, melainkan semakin banyaknya praktik baik dalam mengapresiasi film melalui kritik. Pada tahun 2018, lokakarya kritik film bekerjasama dengan Yamagata International Documentary Film Festival (YIDFF) dengan peserta terpilih dari negara-negara Asia Tenggara. Penyelenggaraan lokakarya kritik film tahun 2019 juga turut mengundang beberapa pembicara tamu. Dua tahun terakhir (2020-2021) penyelenggaraan lokakarya kritik film dilakukan secara daring. Pandemi menuntut kami untuk menyesuaikan diri dan berinovasi.

Seluruh peserta akan mendapat kesempatan untuk menikmati film-film dokumenter pilihan dari seluruh dunia. Materi yang mereka dapatkan selama lokakarya akan diaplikasikan dalam bentuk penugasan menulis ulasan atas film-film pilihan. Karya-karya peserta akan didokumentasikan dalam bentuk antologi kritik film dan diterbitkan secara digital oleh Forum Film Dokumenter.

 

PELAKSANAAN LOKAKARYA
Lokakarya Kritik Film akan diselenggarakan secara daring selama empat pertemuan, yaitu pada 19, 20, 23, dan 26 November 2021. Masing-masing sesi akan berlangsung dua hingga tiga jam, dimulai pukul 13.00 WIB. Peserta akan banyak berdiskusi tentang perspektif kritik dan teknik penulisan. Selain dua mentor utama, akan ada pembicara tamu sebagai teman diskusi yang semakin memperkaya metode pembacaan film.

 

KETENTUAN PENDAFTARAN

  1. Pendaftar adalah Warga Negara Indonesia berusia 18-32 tahun.
  2. Pendaftaran dibuka pada 23 September sampai 23 Oktober 2021 pukul 23.59 WIB
  3. Pendaftaran dilakukan dengan melengkapi:
    • Data diri (Nama, Tempat/Tanggal Lahir, Alamat, Email, Nomor Telepon diutamakan yang terhubung dengan Whatsapp). Data diri ditulis pada badan email.
    • Melampirkan scan/foto identitas dalam format .jpg/.jpeg.
    • Melampirkan foto diri dalam format .jpg/.jpeg.
    • Biografi singkat dengan penekanan pada pengalaman menulis dan keterlibatan dengan film dan atau sinema
    • 1 (satu) esai yang menjawab tiga pertanyaan berikut: Mengapa Saya Ingin Menulis tentang Film Dokumenter; Apa yang Saya Harapkan dari Lokakarya Kritik Film; Rencana Saya Setelah Mengikuti Lokakarya Kritik Film.
    • 2 (dua) contoh tulisan tentang film; dapat berupa esai, resensi, liputan, wawancara, catatan, refleksi menonton, dan sebagainya. Contoh tulisan yang dikirim tidak harus dipublikasikan terlebih dahulu di media manapun. Jika tulisan sudah pernah dimuat oleh media, mohon cantumkan tanggal dan media publikasi terkait.
  4. Program “Lokakarya Kritik Film FFD 2021” terbuka maksimal untuk 8 (delapan) peserta. Hasil seleksi akan diberitahukan melalui surat elektronik kepada seluruh pendaftar pada akhir November 2021.
  5. Peserta yang lolos akan diumumkan di website FFD pada awal November 2021.
  6. Pendaftar yang lolos seleksi wajib mengikuti “Lokakarya Kritik Film FFD 2021” secara penuh.
  7. Kegiatan lokakarya ini tidak memungut biaya pendaftaran dari peserta.
  8. Panitia menyediakan biaya pengganti penggunaan internet bagi peserta selama mengikuti lokakarya.
  9. Pertanyaan lebih lanjut dapat ditanyakan melalui [email protected].

 

MENTOR

Adrian Jonathan Pasaribu
Adrian Jonathan Pasaribu adalah seorang penulis, pegiat perfilman, dan salah seorang pendiri Cinema Poetica. Dari 2007 hingga 2010, Adrian menjadi pengurus program di Kinoki, bioskop alternatif di Yogyakarta. Dari 2010 sampai 2015, ia bekerja untuk Yayasan Konfiden sebagai anggota redaksi filmindonesia.or.id. Pada 2013, Adrian berpartisipasi dalam Berlinale Talent Campus sebagai kritikus film, dan semenjak itu rutin menyelenggarakan atau mengisi lokakarya penulisan kritik film atas nama Cinema Poetica. Ia sempat menjadi juri dan kurator untuk sejumlah festival film, meliputi Festival Film Dokumenter, Jogja-NETPAC Asian Film Festival, dan Singapore International Film Festival. Saat ini, Adrian bekerja lepas sebagai editor dan penulis untuk berbagai materi publikasi dan komunikasi.

Aulia Adam
Aulia Adam adalah penulis dan jurnalis. Bekerja untuk Tirto.id sebagai Indepth-Reporting Journalist sejak 2016-2020, sekaligus jadi salah satu pengasuh rubrik Misbar di Tirto.id sejak 2017. Saat ini Adam menjadi produser dan pengasuh Misbar Tirto, program esai film di kanal youtube, intagram, dan spotify Tirto. Bersama dengan beberapa jurnalis dari media lain, Adam menerima Excellence in Public Service Journalism Award dari Society of Publishers in Asia (SOPA) pada 2020 dan Tasrif Award 2020 dari Aliansi Jurnalis Independen (AJI) untuk kerja kolaborasinya #NamaBaikKampus. Ia juga  penerima Fellow of Global Investigative Journalism Network 2017, dan Fellow of International Women’s Media Foundation 2019.

 

KODE ETIK
Peserta yang terpilih wajib menghormati batas-batas personal sesama peserta, dan tim penyelenggara demi terciptanya suasana belajar yang rukun dan nyaman bagi semua pihak yang terlibat. Forum Film Dokumenter dan para mitra berkomitmen untuk menyelenggarakan Festival Film Dokumenter (FFD) 2021 yang bebas dari pelecehan, diskriminasi, seksisme, dan perilaku yang mengancam dan tidak menyenangkan. Bila Anda mengalami atau menyaksikan kejadian yang Anda anggap sebagai pelecehan atau perilaku yang tidak pantas selama mengikuti lokakarya ini, mohon laporkan kepada anggota staff Festival Film Dokumenter atau menghubungi Eni Puji Utami (Penanggung Jawab Lokakarya Kritik Film FFD 2021) melalui [email protected].

 

PERNYATAAN ANTI FRAUD
FFD juga menerapkan kebijakan antikorupsi. Kami tidak mentolerir anggota staf yang meminta hadiah dalam bentuk uang maupun barang dari peserta, tamu, serta mitra festival atas layanan dan pekerjaan yang kami berikan di Festival Film Dokumenter 2020. Apabila Anda menemukan adanya pelanggaran, mohon laporkan kepada anggota staff Festival Film Dokumenter atau  Eni Puji Utami (Penanggung Jawab Lokakarya Kritik Film FFD 2021) melalui [email protected].

REKANAN LOKAKARYA