Festival Film Dokumenter 2021

Putar Video
Pengantar Direktur

Menghadirkan Festival Film Dokumenter 2021 tidak hanya menyelenggarakan dan merayakan dokumenter. Lebih dari itu, merupakan upaya dalam menelusuri memori episodik 20 tahun perjalanan festival ini dalam memengaruhi ekosistem dokumenter.

Dua puluh tahun tentu saja menjadi catatan baru bagi sebuah festival yang dibangun oleh orang-orang yang silih berganti dan melibatkan sosial kita. Endurance dan Persistence, atau diartikan sebagai Keberdayaan dan Kegigihan adalah kata yang mungkin mewakili perjalanan FFD. Keberdayaan dalam wujud kebertahanan festival ini sejak pertama kali digelar–sebagian orang yang terlibat sejak awal akan memiliki ceritanya–hingga di tengah ketidakpastian yang seolah belum pernah terjadi sebelumnya; serta kegigihan dalam mempertahankan visi, misi, dan perspektifnya terhadap medium dokumenter.

Pada dekade ini, kami berusaha meluaskan kemungkinan cakrawala pandang terhadap medium ini, menilik dan memaknai kembali hubungan kami dengan penonton, serta dampak relasinya terhadap Yogyakarta dan Indonesia. Apa pentingnya dokumenter, bagi penonton dan bagi FFD sendiri? Melihat kembali arsip, mempertanyakan apa yang telah kami lakukan dan apa yang belum?

Hampir dua tahun kita berada pada situasi limbung pandemi yang belum berujung. Banyak di antara kita terus berjuang melawan rasa takut dan ketidakadilan pada kemanusiaan. Namun, keadaan ini juga membawa kita jauh dari apa yang bisa dibayangkan sebelumnya bahwa medium dokumenter telah memperluas jangkauannya. Aksesibilitas dan konsumsi terhadapnya begitu mengesankan. Pada wilayah itu, FFD berupaya menegaskan posisinya dengan terus memegang perspektifnya pada narasi yang terekam dalam isu, subjek, geografis, hingga film itu sendiri. Kami berupaya memberi jarak terhadap cara memandang terpinggirkan melalui kacamata global untuk mencari suara-suara yang tak terdengar dari mereka yang belum pernah kita kenal sebelumnya, serta menemukan penjelajahan kreativitas medium dokumenter saat ini.

Sepanjang festival ini hidup, kami terus mengemban visinya dalam memberi dampak pada kualitas dan kuantitas dokumenter Indonesia; memengaruhi dan memperkuat posisi dokumenter di ranah sosial, ekonomi, dan budaya kita; mencatat karya dan gagasan baru yang berpengaruh dari generasi ini; dan menghadirkan karya-karya yang berpeluang mengintervensi sosial maupun medium itu sendiri.

Berbagai program tahun ini setidaknya menjaga karya dan pembuatnya dengan penonton tetap terhubung untuk membawa kembali antusias, rasa penasaran, dan percakapan kritis yang terbuka dalam usaha kami menemukan pijakan menghadapi perubahan dalam etalase edukatif kami.

Selamat menikmati FFD 2021, panjang umur dokumenter dan kita.

Kurnia Yudha F. — Direktur

Livestream | Seremoni Penganugerahan
Presented by
Forum Film Dokumenter
Supported by
Badan Pelestarian Nilai Budaya DIY
Badan Pelestarian Nilai Budaya DIY
Dinas Kebudayaan DIY
Dana Keistimewaan
In Partnership with
le mois du documentaire
Cinema Poetica
IFI Indonesia
Online Screening Partner
Bioskop Online
Venue & Hospitality
Kedai Kebun Forum