DocTalk FFD 2020, Voice: Virtual Reality, Lintas Medium dan Dampak Baru Dokumenter
Doctalk

Voice: Virtual Reality, Lintas Medium dan Dampak Baru Dokumenter

Tanggal
13 Desember 2020
Pukul
19.00 - 21.00 WIB

Sesi DocTalk ini merupakan bagian dari program Feelings of Reality, sebuah program yang telah dilaksanakan oleh Forum Film Dokumenter sejak 2018. Pada 2019, sebanyak delapan dokumenter dengan menggunakan teknologi virtual reality (VR) telah diproduksi bersama rekan pembuat film dan organisasi disabilitas di empat daerah dengan tema “Expanding the Empathy“. Tahun ini, distribusi program terhenti karena pandemi. Namun demikian, sedang dibangunnya platform berbasis online justru membuka peluang perjumpaan lintas medium, dari dokumenter VR ke website interaktif. Sesi DocTalk ini bertujuan untuk menggugah wacana terkait bagaimana teknologi, manusia, serta film dokumenter saling berhubungan dan berdampak.

Diskusi ini berfokus pada korpus baru dalam dokumenter yakni dokumenter VR. Perkembangan dokumenter VR berimplikasi pada bentuk estetika baru dan politik teknologi dalam konteks dan pengaruhnya terhadap tradisi dokumenter konvensional. Selain itu, realitas virtual merupakan alat yang sangat ampuh untuk kampanye dampak, karena memungkinkan pembuat film secara sadar meningkatkan realitas masalah yang dihadapi subjek dalam film yang diciptakan oleh bentuk sinematik 360 derajat. Seolah realitas hadir ke penonton secara tidak terbatas. Terlebih, pandemi yang membatasi pertemuan antarmanusia membuka peluang baru distribusi yang inklusif dan partisipatoris lewat website interaktif. Selain mengundang praktisi dan akademisi lintas medium, sesi ini juga menghadirkan perspektif aktivis dan peneliti disabilitas untuk mengeksplorasi pertanyaan terkait bagaimana medium dapat menciptakan pengalaman tertentu yang dapat menggugah kesadaran akan isu disabilitas. Selain itu, audiens yang sebelumnya telah diajak untuk mengakses website interaktif akan menjadi partisipan aktif dalam diskusi ini untuk melihat seberapa besar usaha ini mampu menciptakan dampak bagi publik yang lebih luas.

Pembicara
Slamet Tohari
Slamet Tohari

Slamet Tohari adalah dosen Departemen Sosiologi Universitas Brawijaya dan pernah menjabat sebagai Sekretaris Pusat Studi dan Layanan Disabilitas Universitas Brawijaya selama 7 tahun. Ia juga merupakan Indonesia Chair di AIDRAN (Australia Indonesia Disability and Advocacy Network). Dia menyelesaikan studinya di Departemen Filsafat Universitas Gadjah Mada dan Department of Sociology di University of Hawaii at Manoa. Bidang penelitiannya meliputi studi disabilitas, interseksionalitas, sosiologi kesehatan, gender, dan Islam di Indonesia.

Zulhiczar Arie
Zulhiczar Arie

Berkarir sebagai videografer lepas dan pembuat dokumenter sejak tahun 2011. Banyak terlibat dalam proyek-proyek kreatif dan sosial bersama beberapa organisasi di Indonesia, seperti; Yayasan Kelola, Rifka Annisa dan Badan Ekonomi Kreatif Indonesia. Saat ini sedang menempuh studi master di Ohio University, Amerika Serikat dengan fokus studi mengenai media sebagai penggerak perubahan.

Moderator
Alwan Brilian
Alwan Brilian

Koordinator Program Feelings of Reality, Forum Film Dokumenter