DocTalk FFD 2020
Doctalk

Rangkaian Produksi Dokumenter | Penceritaan Kreatif

Tanggal
26 November 2020
Pukul
19.00 - 21.00 WIB

Rangkaian sesi DocTalk ini mewadahi para pembuat film muda untuk mengeksplorasi pengetahuan dan pengalaman kreatif dari pembuat film dokumenter Asia Tenggara dan pembuat film profesional maupun komunitas film di Indonesia. Dalam setiap sesinya, dua orang pembicara dan seorang moderator di bidang profesi yang sama akan berbagi pengalaman produksinya, baik secara profesional maupun bersama komunitas filmnya dalam seri DocTalk “Rangkaian Produksi Dokumenter” yang terbagi ke dalam tiga sesi, yakni penceritaan kreatif, produksi secara kreatif, dan editing kreatif.

Dilatarbelakangi oleh sedikitnya animo pembuat film muda terhadap produksi film dokumenter, seri DocTalk ini bertujuan untuk menawarkan perspektif kreatif di luar persepsi umum terkait film dokumenter konvensional yang didominasi tema-tema aktivisme sosial dengan pendekatan ekspositori. Kejelian para pembuat dokumenter pemula terhadap isu dan fenomena berbanding terbalik dengan ragam dan kekayaan tematik di Indonesia. Komunitas, asosiasi, dan mahasiswa film telah tersebar di seluruh penjuru Indonesia, dari Aceh hingga Papua. Namun demikian, “pemain” dalam film dokumenter masih segelintir, demikian pula dengan kreativitas dalam bertutur dan keragaman bentuk film dokumenter Indonesia yang tidak selalu menghadirkan kebaruan.

Seri diskusi ini mencoba membangun konstruksi para pembuat film muda dengan perspektif film dokumenter yang lebih beragam secara sederhana, yakni dari tahapan produksinya. Sesi pertama DocTalk ini akan membahas bagaimana realitas dalam film dokumenter dikemas dalam metode penceritaan kreatif. Sesi kedua melanjutkan bagaimana cerita tersebut menjadi penting dalam konteks yang lebih luas, sehingga dukungan dan dampak terhadap tawaran kreatif dapat diakomodir dalam nilai produksi film dokumenter. Sesi ketiga terkait bagaimana cerita dikonstruksi dalam susunan editing kreatif dokumenter di mana istilah “sutradara kedua” lazim dikenal.

Pembicara
Kavich Neang
Kavich Neang

Lahir di Phnom Penh, Kamboja, tahun 1987, Kavich Neang telah menyutradarai lima film pendek sejak 2011. Belajar di bawah bimbingan Rithy Panh, Kavich bergabung dengan Busan Asian Film Academy di tahun 2013. Tahun 2014, dia mendirikan Anti-Archive bersama dengan Davy Chou dan Steve Chen. Dia juga mengikuti residensi Cannes Cinéfondation Residence selama tahun 2017-2018. Dokumenternya yang berjudul Last Night I Saw You Smiling (2019) memenangkan NETPAC Award di IFFR. Saat ini, dia tengah menyelesaikan film fiksi panjang pertamanya, White Building.

Manuel Alberto Maia

Manuel Alberto Maia, sutradara dan pendiri Komunitas Film Kupang yang didirikan pada tahun 2011. Ia membuat beberapa film dokumenter pendek termasuk KAOS KUPANG (2012) dan KABAR DARI MEDAN (2014). Nokas (2016) adalah film dokumenter panjang pertamanya. Nokas, diputar di Eurasia International Film Festival 2016 di Almaty, Kazakhstan. Nokas berkompetisi dalam program Silver Screen Awards Singapore International Film Festival (SGIFF) 2016. Film Fiksi Pendek yang berjudul Siko produksi Komunitas Film Kupang, masuk dalam Nominator Piala Citra 2018.

Moderator
Fanny Chotmah
Fanny Chotimah

Sutradara Film “You and I” (Indonesia)