Commission Artwork by Candrani Yulis

Cara Menonton

Mulai 25 November, kamu punya kesempatan menonton seluruh film pilihan dalam program-program Festival Film Dokumenter (FFD) secara gratis. Di sini kamu bisa menemukan panduan cara menonton serta beragam tips maupun solusi terkait platform menonton yang digunakan di FFD.

Sekilas tentang pemutaran virtual

FFD 2020 menyediakan 40 film yang ditayangkan dalam 32 slot pemutaran virtual.

Terdapat 2 jenis slot pemutaran virtual di FFD 2020:

  • Slot tunggal : berisi 1 film dalam 1 sesi pemutaran
  • Slot kompilasi : berisi lebih dari 1 film dalam 1 sesi pemutaran

7 langkah mudah menonton film di FFD 2020

  1. Buka ffd.or.id, klik “Lihat program festival” di laman beranda
  2. Pilih 1 (satu) dari 4 (empat) program pemutaran yang tersedia (Kompetisi, Perspektif, Retrospektif, dan Lanskap). Di setiap laman program, terdapat catatan kuratorial untuk membantumu memahami program serta memilih film yang hendak ditonton.
  3. Setelah itu, pilih judul film dari daftar yang tersedia di laman program.
  4. Klik “Tonton Sekarang” untuk masuk ke ruang putar online.
  5. Pilih “Unlock for free” untuk mendapatkan akses menonton film.
    Perlu diingat, film yang sudah di-unlock hanya akan tersedia selama 24 jam sebelum akhirnya hangus.
  6. Selanjutnya, kamu akan diarahkan untuk membuat akun untuk menonton.
    Kamu bisa daftar dengan email atau login via Facebook.
  7. Setelah pendaftaran berhasil, kamu akan diantar kembali ke laman menonton. Lalu, klik tombol “Watch Now” untuk mulai menonton. Kamu punya waktu 4 hari (4×24jam) untuk menyelesaikan film yang ditonton.

Selain menonton film, kamu juga bisa menyaksikan 5 (lima) slot dokumentasi sesi Q&A bersama filmmaker serta berbagai diskusi dalam program DocTalk dan Public Lecture.

Pahami panduannya dan gunakan waktumu dengan baik ya. Selamat berfestival!

Pertanyaan yang sering ditanyakan (FAQs)

“Unlock For Free” adalah langkah membeli tiket atau mengamankan posisimu untuk mengakses sebuah slot pemutaran. Hal ini diperlukan karena setiap slot hanya bisa diakses oleh 150 akun saja.

Setelah unlock, setiap akun memiliki waktu 24 jam untuk mulai menonton (watch) film/video di dalam slot pemutaran.

Satu slot pemutaran bisa kamu akses/tonton selama 4 hari (4 x 24 jam).

Ya, kamu memiliki akses penuh terhadap slot pemutaran, selama sisa durasi menonton masih ada. Cek sisa durasi menonton di bawah tombol “Watch now” di laman setiap slot pemutaran.

Tidak terbatas. Namun, setiap akun hanya bisa unlock sebuah slot pemutaran sebanyak satu kali saja.

Jika masa unlock habis, maka film tidak bisa ditonton dan akunmu tidak bisa unlock kembali untuk slot pemutaran yang sama. Hal yang sama juga berlaku untuk masa menonton (watch). Jika Jika masa menonton habis, akunmu tidak bisa meng-unlock kembali untuk slot pemutaran yang sama.

Kunjungi Content Library pada laman ruang putar atau klik DI SINI untuk melihat slot pemutaran yang sudah kamu unlock. Tentu, kamu harus login terlebih dahulu.

Jika kamu menggunakan perangkat yang berbeda, periksa pesan konfirmasi di Kotak Masuk (inbox) pada email yang kamu gunakan. Selanjutnya, klik tombol “Watch Now”.

Tidak. Khusus untuk film-film berikut ini, hanya bisa diakses oleh pengunjung dari negara Indonesia:
Aswang
Malditos
Suzanne Daveau
Tender

Selain yang disebutkan di atas, film dan program FFD 2020 bisa diakses oleh pengunjung dari beberapa negara/wilayah seperti: Indonesia, Brunei Darussalam, Filipina, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Singapura, Taiwan, Thailand, Timor Leste, dan Vietnam.

Kamu dapat menonton film dan diskusi yang tersedia melalui browser di:

  • Komputer/Laptop (Windows/MacOs)
  • Tablet
  • Ponsel Android/iOs.

Pastikan kamu selalu menggunakan sistem operasi dan browser versi terbaru untuk kompatibilitas terbaik. Untuk komputer berbasis Windows, gunakan komputer yang dioperasikan oleh Windows 7, Windows 8.1 atau Windows 10. Sementara untuk komputer Mac, gunakan MacOs 10.12 atau versi terbaru. Android 6.0 atau iOS 11.2 merupakan prasyarat OS minimal untuk memutar film di perangkat ponsel/tablet.

Disarankan menggunakan versi terbaru dari Google Chrome, Firefox, Safari, atau Opera.

Tentu saja. Kamu juga dapat menghubungkan laptop/komputer menggunakan kabel HDMI dengan langkah-langkah berikut:

  • Pastikan laptop/komputer cukup dekat dengan televisimu agar kabel HDMI dapat menjangkau keduanya dengan aman.
  • Hubungkan salah satu ujung kabel HDMI ke port HDMI yang tersedia di televisi. Catat nomor input HDMI yang sedang dihubungkan.
  • Colokkan ujung kabel lainnya ke port HDMI di laptop/komputer kamu.
  • Setel TV ke portinput HDMI yang terhubung dengan laptop/komputer menggunakan tombol sumber atau tampilan pada remote televisi kamu.

Jika tampilan komputer kamu tidak otomatis muncul di layar televisi, kamu mungkin perlu meminta komputer mendeteksi tampilan secara manual.

  • Untuk Windows:
    Klik kanan pada Desktop > Klik “Display Settings” > Klik “Detect” > Klik kotak tarik-turun “Multiple Displays” dan pilih “Duplicate these displays” > Klik Terapkan.
  • Untuk Mac:
    Buka Menu Apple > pilih “System Preferences” > Pilih panel “Displays” > Tahan tombol “Option” untuk menampilkan tombol “Detect Displays” – perhatikan bahwa itu menggantikan tombol “Gather Windows” > Klik “Detect Displays” sambil menahan “Option” untuk menggunakan fungsi seperti yang diinginkan.
  1. Masalah jaringan

Kami menggunakan adaptive bitrate streaming yang berarti kualitas streaming akan secara otomatis menyesuaikan berdasarkan kecepatan internet kamu. Jika koneksi internet kamu buruk atau tidak stabil, coba mendekat ke router kamu atau ganti dengan jaringan yang lebih stabil.

  1. Masalah lokasi menonton

Selalu pastikan kamu tidak menggunakan VPN saat membuka laman film agar lokasimu terbaca dengan benar. Atau, coba alihkan koneksi internet kamu ke router Wi-Fi lain.

  1. Masalah akun dan akses

Apakah kamu masuk dengan akun yang benar? Periksa status login kamu di kanan atas jendela ruang putar. Jika sudah masuk, kamu akan melihat lingkaran dengan inisial pemegang akun.

Jika kamu belum masuk, kamu akan melihat kata “Login” di kanan atas jendela. Klik “Login” dan masukan data akunmu. Atau, kamu juga dapat login langsung dari pop-upmessage yang muncul saat klik “Unlock Now” di laman film di ruang putar.

  1. Masalah layar

Jika kamu menggunakan layar eksternal, coba pasang ulang sambungan layar kamu. Jika gagal, kemungkinan layar yang kamu gunakan tidak memiliki sistem yang sesuai untuk memutar konten dengan aman.
Kemungkinan lainnya adalah masalah pada peramban (browser) yang kamu gunakan. Jika kamu menggunakan Safari di Mac, coba beralih ke Google Chrome atau Opera.

Jika kamu menggunakan ponsel/tablet, coba biarkan film diputar selama 15 detik.

Jika langkah-langkah di atas tidak membantu, harap hubungi kami DI SINI.