• 9 film

The Feelings of Reality

Saat ini, kita melihat pertumbuhan teknologi yang begitu cepat dan berdampak bagi cara kita menikmati sinema. Kita bahkan dapat menggenggam sinema di tangan kita melalui ponsel pintar atau perangkat lainnya. Di sisi lain, teknologi pun dapat membawa kita ke dalam sinema itu sendiri – melalui Virtual Reality (VR).

Delapan film hasil fasilitasi workshop bersama Forum Film Dokumenter ini akan membawa Anda ke sebuah kontak yang diimajikan—dan setelah membuka kacamata realitas maya. Kita bisa merefleksikan kembali realitas yang kita persepsikan dengan realitas maya dari dalam VR, serta membuka lebih banyak tabir untuk kembali belajar peka dan belajar mengenai realitas penyandang disabilitas.

Mentor

The Feelings of Reality Workshop Mentor - Ismail

Muhammad Ismail

Seorang tuli yang mencintai alam dan memiliki panggilan jiwa pada isu disabilitas adalah identitas yang diberikan orang-orang kepada Ismail sejak 1998. Ia memulai karirnya dari komunitas tuli berskala kecil sampai merambah ke komunitas disabilitas lainnya. Lulusan ITENAS Bandung ini sampai sekarang masih eksis di jalan advokasi sebagai aktivis. Dirinya lebih menyukai aspek visual dalam mengembangkan kemampuannya dengan membuat media-media seperti desain dan  video. Bekerja di SIGAB Indonesia sebagai divisi media mengelola solider.id.

The Feelings of Reality Workshop Mentor - Ajiwan

Ajiwan Arief Hendradi

Editor dan kontributor untuk Solider, SIGAB. Menempuh Pendidikan di jurusan Sastra Indonesia UGM dan aktif sebagai penulis untuk beberapa judul buku.

The Feelings of Reality Workshop Mentor - Kisno Ardi

Kisno Ardi

Kisno Ardi adalah sutradara dokumenter yang memulai debutnya pada 2003 dan langsung mendapatkan anugrah Best documentary dan Favorite documentary pada Festival Film Dokumenter 2003. Telah mengerjakan beberapa proyek dokumenter dengan beberapa dengan beberapa Lembaga  seperti ; World Vision Indonesia, WWF Indonesia, Oxfam,  Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap Perempuan (Komnas Perempuan), The Forest Trust, John Hopkins University dan lain-lain.

Selain sebagai sutradara dokumenter, Kisno Ardi juga aktif sebagai trainer dan fasilitator untuk pelatihan dokumenter serta video komunitas untuk pendidikan dan pemberdayaan masyarakat.

The Feelings of Reality Workshop Mentor - Angen Sodo

Angen Sodo

Angen Sodo memulai karier di film dokumenter sebagai kamerawan di film Die Before Blossom pada 2011. Film tersebut mendapatkan penghargaan Silver Hanoman JAFF (2014), Special Mention Jury pada Salaya International Documentary Film Festival dan masuk dalam kompetisi International Documentary Filmfestival Amsterdam (IDFA) di tahun yang sama. Pada 2017 Angen Sodo menjadi mentor dalam lokakarya dokumenter yang diinisiasi oleh Federatie Nederlandse Vakbeweging-Federasi Buruh Lintas Pabrik-Partisipasi Indonesia yang melahirkan film Angka Jadi Suara.

FILM
Alun
Alun
Riani Singgih
7 min.
Menjadi Agung
Menjadi Agung
Yovista Ahthajida
5 min.
Aisyah
Aisyah
Ahmad Syafi'i Nur Illahi
8 min.
Saling
Saling
Ridho Fisabilillah
8 min.
Menjadi Teman
Menjadi Teman
Aji Kusuma
8 min.
Bulu Mata Kaki
Bulu Mata Kaki
Firman Fajar Wiguna
10 min.
Apa di Kata Nadakanlah, Apa di Nada Katakanlah
Apa di Kata Nadakanlah, Apa di Nada Katakanlah
Gracia Tobing
19 min.
Indera Kaki
Indera Kaki
Ihsan Achdiat
16 min.
Close Menu