Melacak Akar, Merekam Asal: Potret Diri

  • 6 film

SchoolDoc

Pada tahun ini, Forum Film Dokumenter mengembangkan program SchoolDoc dalam wujud lokakarya produksi dokumenter untuk pelajar SMA/sederajat sebagai upaya meningkatkan kesadaran terhadap penggunaan media pada era sekarang.

SchoolDoc mengikuti perjalanan para pesertanya dalam mempertanyakan kembali apa yang dianggap penting dalam kehidupan mereka serta apa yang mendefinisikan diri mereka: keinginan, cita-cita, dan pertanyaan-pertanyaan lainnya. Berangkat dari refleksi tentang keluarga, manifestasi sejarah personal yang membentuk identitas dicari dan diungkap.

Dari proses tersebut, lima karya dihasilkan oleh lima peserta. Karya-karya ini dipamerkan selama Festival Film Dokumenter 2019 dalam medium instalasi. Instalasi tersebut dihadirkan bersama dengan rekaman proses dan cerita di balik pembuatan karya sebagai satu kesatuan yang membentuk sebuah bacaan dokumenter.

Peserta SchoolDoc

Peserta SchoolDoc 2019 - Thera Karunia

Thera Karunia

Thera Karunia, atau akrab dipanggil Luci, tengah menempuh pendidikan di SMA Kolese De Britto kelas X. Ia berkegiatan di Klub Sinematografi dan beberapa kali terlibat pengalaman produksi film. Thera lahir di Yogyakarta, 16 Juni 2004.

Peserta SchoolDoc 2019 - Nickho Darmawan

Nickho Darmawan

Nickho Darmawan adalah siswa SMA Kolese De Britto kelas XI. Ia lahir di Semarang pada 4 Maret 2003. Di sekolah, Nickho aktif di Klub Sinematografi dan terlibat dalam beberapa produksi yang dilakukan klubnya. Di luar sekolah, Nickho menggeluti fotografi di mana dia bekerja paruh waktu sebagai fotografer.

Peserta SchoolDoc 2019 - Muhammad Nazim Pradipa Syah

Muhammad Nazim Pradipa Syah

Nazim lahir di Jakarta pada 23 September 2003. Ia bersekolah di SMAN 10 Yogyakarta kelas XI. Nazim berpengalaman membuat beberapa video dan berkegiatan di Klub Videografi di sekolahnya.

Peserta SchoolDoc 2019 - Alhanz Sofyan David

Alhanz Sofyan David Alvarobin

Alhanz Sofyan David Alvarobin lahir di Yogyakarta, 22 Maret 2002 dan bersekolah di SMKN 2 Sewon–yang memang secara khusus mempersiapkan siswa-siswanya untuk terjun di bidang multimedia. Kegiatan produksi bukan merupakan hal asing bagi Hanz. Di luar sekolah, pengalaman seputar film ia dapat lewat Komunitas Pencipta Film. Hanz juga aktif berkegiatan di bidang fotografi. 

Peserta SchoolDoc 2019 - Gyanrahma Indrajid Sofwan

Gyanrahma Indrajid Sofwan

Lahir di Jakarta, 6 Desember 2002, Gyanrahma Indrajid Sofwan menempuh pendidikan di SMA Kolese De Britto dan tengah menempati bangku kelas XI. Aktif dalam Klub Sinematografi di sekolahnya, Gyan memiliki beberapa pengalaman dalam hal apresiasi film, art directing, dan editing.

Mentor

SchoolDoc_Mentor_Jean-Paul-Labro

Jean Paul Labro

Seorang seniman visual dan videografer, Jean Paul Labro tinggal dan berkarya di Pau (Perancis). Saat ini Jean mengajar di bidang video dan sinema di Superior Art School of Pyrénées. Sejak 1994, Jean aktif memproduksi video, pertunjukan, instalasi dan kreasi multimedia. Karyanya kerap dipamerkan di festival dan pameran bersama. Dia mendirikan dan mengepalai Bandits-Mages selama 12 tahun. Bandit-Mages adalah organisasi di Perancis yang berfokus pada produksi dan distribusi seni audiovisual dan multimedia. Di tahun 2011 Jean dan Lyn Nékorimaté, membentuk DING Collective. Bersama, mereka menciptakan sebuah proyek yang membawa mereka ke berbagai rumah kreatif di Perancis dan Indonesia.

Lyn Nékorimaté

Karya Lyn Nékorimaté hadir melalui berbagai medium, seperti bunyi, video, dan pertunjukan. Dalam karya-karya instalasinya, konstruksi ruang dan teknik pemanggungannya melibatkan percobaan-percobaan pada sistem emansipasi pada gagasan di sekitar gagasan tentang narasi yang ia sebut sebagai “mitologi keintiman” dan teknik-tekniknya. Tubuh merupakan elemen penting dalam karya-karyanya, yang juga ia terjemahkan dalam konsep lokakarya yang ia pandu. Bersama dengan Jean Paul Labro, Lyn membentuk kolektif seni DING. Proyek-proyek mereka dilakukan secara kolaboratif dengan orang lain, seniman, peneliti, dan arsitek di Perancis maupun negara lain.

FILM
Janma Dumunung
Janma Dumunung
Thera Karunia
5 min.
Perjalanan
Perjalanan
Nickho Darmawan
3 min.
Sepi
Sepi
Muhammad Nazim Pradipa Syah
3 min.
Merelakan adalah Bagian dari Kebahagiaan
Merelakan adalah Bagian dari Kebahagiaan
Alhanz Sofyan David Alvarobin
6 min.
Sacred Heart
Sacred Heart
Gyanrahma Indrajid Sofwan
5 min.
Rekam.SchoolDoc.01
Rekam.SchoolDoc.01
FFD
,
Ding Collective
35 min.

Ekshibisi

The Projections of Five

Tahun ini, Program SchoolDoc dirancang dalam bentuk lokakarya produksi film dengan mengangkat tema Melacak Akar, Merekam Asal: Potret Diri. Dari lokakarya tersebut, lima karya dari peserta pelajar SMA/K dihasilkan. Karya-karya tersebut diputar dalam rangkaian pameran instalasi sepanjang perhelatan Festival Film Dokumenter (FFD) 2019. Dalam pameran ini, rekaman proses di balik pembuatan film selama lokakarya diputarkan bersama dengan kelima karya peserta.

Dalam tajuk pameran The Projections of Five, instalasi ditempatkan sebagai sebuah bacaan dokumenter, dimana fiksi dan gambaran di balik fiksi dihadirkan sebagai sebuah kesatuan. Peserta memunculkan diri mereka lewat interpretasi kisah-kisah yang diangkat dalam film. Mengiringi hal tersebut adalah narasi bagaimana mereka mengimajinasikan diri dalam semesta film. Seperti misalnya kondisi-kondisi–terutama berangkat dari keluarga–yang melatarbelakangi kegelisahan mereka. Atau, apa yang mereka bayangkan untuk masa depan. Memasuki instalasi ini dapat diandaikan memasuki dunia masa muda yang dibangun oleh lima remaja. Mungkin kita bersimpati, mungkin kita bertanya-tanya.

Bayangan masa lalu atau perbandingan antarrealitas dapat saja muncul. Namun demikian, kejujuran, dan mungkin sedikit kenaifan, adalah elemen yang ingin dipertahankan. Hal ini adalah gambaran atas dinamika sekelompok pelajar yang menjadikan film sebagai jurnal dan curahan gejolak batin. Bisa saja, mengangankan jauh ke depan, dilihat bersama dengan rekaman-rekaman lain dalam satu generasi, kontribusi kecil mereka dapat dibaca sebagai penanda di zamannya. (Ukky Satya)

JADWAL
Opening : Senin, 2 Desember 2019
Daily: 13.00 – 20.00 WIB
Closing : Sabtu, 7 Desember 2019
Lobi Societet Militair, Taman Budaya Yogyakarta

  • Lanjut baca
Close Menu