Salam untuk Abduh

  • 4 film

LANSKAP

Pada 30 Juni 2019 lalu, Indonesia kehilangan seorang tokoh perfilman yang telah banyak dikenal tidak hanya di lingkungan film, tetapi juga di lingkungan seni dan budaya yang lebih luas. Abduh Aziz dikenal atas aktivisme dan advokasinya terhadap film sebagai produk seni dan budaya.

Dalam Program Lanskap tahun ini, FFD ingin melihat kembali kiprah Abduh Aziz di bidang perfilman dan di wilayah sosial-politik Indonesia yang lebih luas lagi melalui film-film yang ia kawal sebagai produser, sutradara, maupun penulis.

FILM
Abrakadabra!
Abrakadabra!
Aryo Danusiri
40 min.
Tjidurian 19
Tjidurian 19
Lasja F. Susatyo
,
M. Abduh Aziz
41 min.
Banda: The Dark Forgotten Trail
Banda: The Dark Forgotten Trail
Jay Subiyakto
94 min.
Di Atas Rel Mati
Di Atas Rel Mati
Welldy Handoko
,
Nur Fitriah
16 min.

DocTalk

Dokumenter dan Ekosistem Seni Indonesia

Salah satu penanda dalam jejak Abduh Aziz adalah kegetolannya dalam berjejaring. Lewat jejaring yang ia bangun, Abduh mempromosikan gagasan tentang film sebagai produk seni dan budaya. Diskusi ini ingin melihat dokumenter dan ekosistem seni di Indonesia, lewat sepak terjang Abduh Aziz  dalam aktivisme dan advokasinya. Film adalah produk seni, sementara dokumenter memiliki posisi unik dalam reputasinya terhadap konten yang dibawa. Bagaimana dokumenter memadukan estetika dan ketajaman dalam memandang manusia dalam dan dengan aspek-aspek mereka? Bagaimana dokumenter berdiri dalam ekosistem seni di Indonesia dan bagaimana sebaiknya memaknai hal ini?

Dalam perbincangan ini, Festival Film Dokumenter (FFD) mengundang Aryo Danusiri dan Lasja F. Susatyo sebagai pembicara diskusi. Keduanya memiliki pengalaman bekerja bersama Abduh Aziz, dapat dibayangkan mungkin terlibat dalam banyak diskusi mendalam dengannya. Selain itu, Aryo Danusiri dan Lasja F. Susatyo juga merupakan praktisi film yang sudah menghimpun berbagai pandangan setelah bertahun-tahun terlibat dalam ekosistem perfilman.

Melalui diskusi ini, ingin dibuka sebuah dialog yang melibatkan praktisi, pengamat, serta pecinta film dan seni tentang bagaimana ide-ide yang dibawa Abduh Aziz terkait film, seni, dan ekosistemnya akan terus relevan. Dan bagaimana kita termasuk generasi-generasi selanjutnya dapat turut andil berkontribusi mengikuti jejak Abduh Aziz.

  • Lanjut baca

Pembicara

  • Lasja F Susatyo (filmmaker)
  • Aryo Danusiri (filmmaker & peneliti)

Moderator

  • Adrian Jonathan Pasaribu

Jadwal

  • 6 Desember 2019
  • Auditorium IFI-LIP
  • 03.00 pm
Close Menu