Harun Farocki

  • 3 film

Retrospektif

Sebagai prekuel dari tema program Perspektif yang mempertanyakan kembali konsep kerja, Retrospektif tahun ini mencoba menyoroti kerja-kerja Harun Farocki dalam membingkai “kerja” lewat sinema. Film-film Farocki mengajak kita menilik ke belakang, di mana industrialisasi jadi basis perkembangan dunia. Manusia, pabrik, mesin-mesin dan industrialisasi adalah kata-kata kunci dalam tema yang diangkat Farocki. Ia tidak lantang mengkritik industri dan manusia yang seperti ngengat di dalamnya, tapi menyajikan realita para pekerja dengan repetisi gambar bergerak dan kelindan kata-kata hingga menimbulkan efek intensitas yang janggal.

Program ini juga menghadirkan sesi diskusi. Diskusi ini secara umum akan menelusur pemikiran Farocki dengan mencoba menemukan keterkaitan antara konstelasi dunia kapital dan sikap personal lewat film-filmnya. Penggabungan footage, ilustrasi mekanis, dan narasi seringkali mencirikan karya Farocki. Ia menjalin ceritanya lewat gambar-gambar yang serupa, diulang-ulang, tiba-tiba berhenti, lalu kembali lagi. Ciri khas ini pula yang akan ditelisik dalam sesi diskusi, apa yang membuat Farocki memilih pendekatan demikian.

Diskusi

Program Retrospektif kali ini akan diikuti sesi diskusi bersama Fiky Daulay, Peneliti KUNCI Cultural Studies yang juga menonton dan mengamati film-film Harun Farocki. Pembahasan dimulai dengan bagaimana Farocki membangun pendekatan sinematiknya. Penggabungan footage, ilustrasi mekanis, dan narasi seringkali mencirikan karyanya. Farocki menjalin ceritanya lewat gambar-gambar yang serupa, diulang-ulang, tiba-tiba berhenti, lalu kembali lagi. Apa yang membuatnya memilih pendekatan demikian? Bukan cuma merangkai pendekatan sinematik yang baru, Farocki juga membangun perspektif yang ironi dari bangunan argumentasinya. Dalam diskusi akan dibahas pula lini masa sosial politik yang melatarbelakangi film-film Farocki terkait kerja. Mengapa tema-tema kerja menjadi begitu banyak menginspirasinya—tentu saja selain perang dan politik? Diskusi ini secara umum akan menelusuri pemikiran Farocki dengan mencoba menemukan keterkaitan antara konstelasi dunia kapital dan sikap personal lewat film-filmnya. Lebih jauh dari itu, perbincangan pun akan dirangkai dalam konteks terkini, yakni bagaimana Farocki mempengaruhi perkembangan sinema kontemporer bersama Mahardika Yudha yang pernah terlibat di dalam proyek kolaborasi Harun Farocki Institut bertajuk PiL (Politicizing Image Ltd.) in Farocki Now: A Temporary Academy.

Pembicara:

  • Fiky Daulay, KUNCI Cultural Studies

Penanggap :

  • Mahardika Yudha, Forum Lenteng
Tanggal Pukul Lokasi
Jumat, 7 Desember 2018 04.30 - 06.00 pm Auditorium IFI-LIP

Mitra

Close Menu