• 6 film

Meretas Realita

Tebalnya dinding yang membatasi ruang gerak teman-teman difabel terasa kian padat dan sulit diraih. Timpangnya aksesibilitas, kurangnya infrastruktur, serta lekatnya ideologi ‘kenormalan’ seakan menegaskan adanya perbedaan antara difabel dan nondifabel. Didukung Voice Global, tahun ini FFD menyelenggarakan program bertajuk “Meretas Realita”. Melalui program ini, FFD berniat memperluas pengaruh film-film yang menyuarakan isu disabilitas dengan cara menayangkan film dokumenter dan film dokumenter berbasis VR (Virtual Reality). Medium VR dipilih karena keunggulannya yang mampu membawa penonton ikut merasakan realitas yang disajikan secara lebih imersif.

Program ini akan diawali dengan sesi peluncuran program dan diskusi sebagai langkah membangun dialog antar penonton, mengeksplorasi narasi sekaligus membuka jalan advokasi mengenai isu disabilitas. Secara lebih luas, kami juga berkolaborasi dengan teman-teman dari Braille’iant untuk menyelenggarakan Bioskop Bisik. Melalui Bioskop Bisik yang akan hadir di FFD 2018, kami mendorong terciptanya ruang-ruang sinema yang lebih inklusif dan emansipatif.

Film

Dokumenter VR

Dokumenter

Diskusi

Dengan mengundang teman-teman dari komunitas difabel dan pembuat film, kami berharap sesi diskusi dapat menjadi forum untuk menghimpun gagasan dan menganalisis isu difabel yang genting untuk disikapi melalui medium film, terutama film dokumenter VR. Diskusi akan difasilitasi oleh Rival Ahmad dan Ardi Yunanto dari Besiberani, inisiatif interferensi sosial melalui medium film, menggunakan metode yang biasa digunakan dalam program Alteraksi. Alteraksi adalah sebuah program putar film dan interaksi penonton yang memberi ruang pada penyerbukan gagasan dan perasaan melalui kombinasi proses apresiasi film, penyulingan ide dan intuisi, serta pertukaran pandangan dan refleksi bersama.

Tanggal Pukul Lokasi
Minggu, 9 Desember 2018 12.00 am - 02.50 pm Societet Militair, TBY

Mitra

VOICE
USA Embassy
American Film Showcase
Alteraksi
BesiBerani
Brailleiant Indonesia
Close Menu