call for
entries

May 6 - August 5
2020

ATURAN dan KETENTUAN

Daftar Isi

UMUM

Festival Film Dokumenter (FFD) merupakan titik temu sekaligus perayaan tahunan bagi para pegiat dan penikmat film dokumenter Indonesia. Perhelatan ini diselenggarakan oleh Forum Film Dokumenter, sebuah lembaga nonprofit berbasis di Yogyakarta yang bergerak di bidang riset, pengarsipan, dan apresiasi film dokumenter untuk tujuan pendidikan dan distribusi pengetahuan.

Tahun 2020 ini, FFD membuka Call For Entries untuk Program Kompetisi. Terdapat empat kategori yang kami buka dalam Program Kompetisi. Pertama, kategori Dokumenter Panjang Internasional dibuka untuk film-film dokumenter berdurasi di atas 40 menit yang diproduksi oleh pembuat film dari seluruh dunia. Kedua, kategori Dokumenter Panjang Indonesia dibuka untuk film-film dokumenter berdurasi di atas 40 menit yang diproduksi oleh pembuat film berkewarganegaraan Indonesia. Ketiga, kategori Dokumenter Pendek bagi film-film dokumenter Indonesia berdurasi maksimal 40 menit. Keempat, kategori Dokumenter Pelajar ditujukan bagi film-film dokumenter karya pelajar Indonesia setingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama) hingga SMA (Sekolah Menengah Atas) atau sederajat.

Dari seluruh submisi yang masuk, FFD akan memilih beberapa film untuk dijadikan nominasi final. Selanjutnya, film-film terpilih akan didiskusikan kembali oleh juri-juri undangan untuk menentukan film terbaik yang berhak mendapatkan penghargaan: Dokumenter Panjang Internasional Terbaik, Dokumenter Panjang Indonesia Terbaik, Dokumenter Pendek Terbaik, Dokumenter Pelajar Terbaik.

Tenggat Pendaftaran

Pendaftaran dan pengiriman film untuk semua kategori ditutup pada tanggal 5 Agustus 2020 pukul 23.59 WIB (GMT+7) (cap pos).

Biaya Pendaftaran

FFD tidak memungut biaya pendaftaran untuk Program Kompetisi.

Izin Penggunaan Film

Karya yang didaftarkan ke FFD akan diarsipkan oleh Forum Film Dokumenter atas seizin pembuat film, yang kemudian digunakan untuk kebutuhan riset dan pemutaran dengan tujuan pendidikan dan bersifat nonprofit. Pihak FFD akan mengirim surat permohonan izin/pemberitahuan resmi kepada pembuat film untuk segala aktivitas yang berkaitan dengan penggunaan film di luar masa festival.

KEBIJAKAN MATERI FILM

Hak Cipta

Segala elemen (visual/audio) yang termuat dalam film yang didaftarkan tidak boleh melanggar hak cipta. Pelanggaran dan gugatan atas hak cipta terhadap film dokumenter yang diikutsertakan di luar tanggung jawab FFD. FFD berhak menggugurkan karya yang melanggar hak cipta.

Seleksi Awal

FFD menerima materi film dalam bentuk fisik (DVD/Flashdisk/Hardisk) atau online screener. Materi film dalam bentuk fisik dikirim ke alamat kantor FFD (lihat informasi selanjutnya di “PENGIRIMAN KARYA”) dan cap pos paling lambat pada tanggal 5 Agustus 2020. Seluruh biaya pengiriman dan pengembalian ditanggung oleh pembuat film.

Tautan film (beserta kata sandi) untuk online screener wajib tetap aktif hingga masa festival berakhir. FFD menyarankan setiap pendaftar untuk mengirimkan film sesuai dengan kriteria format yang disebutkan dalam Film Terpilih agar lebih efisien.

Perangkat Media dan Publikasi

Pendaftar diharapkan menyertakan perangkat publikasi (publication kit) terkait film (apabila ada) untuk kebutuhan publikasi. FFD memiliki otoritas dalam menggunakan penggalan film (dengan durasi maksimal 3 menit), still images, maupun perangkat-perangkat publikasi lain yang disertakan, untuk keperluan publikasi festival secara offline maupun online, baik di dalam katalog, website, maupun material publikasi lainnya.

Biaya Penayangan

Pendaftar diharapkan mengerti bahwa Festival Film Dokumenter tidak menanggung biaya penayangan (screening fee) jika film pendaftar masuk dalam finalis Kategori Kompetisi.

Pengiriman Karya

Pendaftar bertanggung jawab untuk biaya pengiriman karya dalam bentuk flash disk maupun hard disk, termasuk semua biaya asuransi dan tagihan yang muncul setelahnya. Festival tidak bertanggung jawab atas kerusakan atau kehilangan, kecuali bila terjadi manakala karya sudah diterima oleh pihak festival. Materi film dikirim melalui flash disk atau hard disk dikirimkan ke kantor Festival Film Dokumenter.

Alamat & Kontak

Festival Film Dokumenter | Forum Film Dokumenter
Jalan Prapanca Blok MJ I No. 1015, RT 054/RW 011, Kel. Gedongkiwo, Kec. Mantrijeron, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55142 Indonesia

Phone : +62 811-2642-672
Email: [email protected]
Website : www.ffd.or.id

SUBMISI FILM

KETENTUAN

  • Pendaftaran bersifat terbuka untuk umum tanpa batasan usia maupun kewarganegaraan.
  • Durasi film dokumenter minimal 40 menit termasuk credit-title.
  • Tahun produksi 2018-2020

BAHASA DAN SUBTITLE

  • Film wajib menyertakan subtitle dalam bahasa Inggris, termasuk untuk film yang menggunakan pengantar bahasa Inggris.

KETENTUAN

  • Pendaftaran bersifat terbuka untuk pembuat film berkewarganegaraan Indonesia.
  • Durasi film dokumenter minimal 40 menit termasuk credit-title.
  • Tahun produksi 2018-2020.

BAHASA DAN SUBTITLE

  • Film wajib menyertakan subtitle dalam bahasa Inggris, termasuk untuk film yang menggunakan pengantar bahasa Inggris.

KETENTUAN

  • Pendaftaran terbuka untuk pembuat film berkewarganegaraan Indonesia.
  • Durasi film dokumenter maksimal 40 menit, termasuk credit-title.
  • Tahun produksi 2019-2020.

BAHASA DAN SUBTITLE

  • Film wajib menyertakan subtitle dalam bahasa Inggris. Film yang menggunakan bahasa daerah (selain bahasa Indonesia) wajib menyertakan subtitle dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

KETENTUAN

  • Sutradara dan kru film berstatus pelajar SMP hingga SMA/SMK sederajat selama masa produksi film.
  • Sutradara menyertakan salinan kartu pelajar yang masih aktif atau surat keterangan resmi yang disahkan oleh sekolah.
  • Tidak ada durasi minimal atau maksimal.
  • Tahun produksi 2019-2020.

BAHASA DAN SUBTITLE

Film wajib menyertakan subtitle dalam bahasa Inggris. Film yang menggunakan bahasa daerah (selain bahasa Indonesia) wajib menyertakan subtitle dalam bahasa Indonesia.

PENGESAHAN

Pendaftar menunjukkan kesanggupan penuh terhadap semua aturan yang berlaku. Segala bentuk sengketa yang mungkin timbul ke depannya, hanya aturan dalam bahasa Indonesia yang dianggap sah dan penyelesaian sengketa dilakukan di bawah hukum yang berlaku di Indonesia.