TENTANG FESTIVAL

Didirikan pada tahun 2002, di Yogyakarta, Festival Film Dokumenter (FFD) merupakan festival film dokumenter pertama di Indonesia dan Asia Tenggara, berfokus pada pengembangan dokumenter sebagai medium ekspresi dan ekosistem pengetahuan, melalui program-program eksibisi, edukasi, dan pengarsipan.

Berangkat dari sebuah gagasan yang lahir dari sebuah perbincangan ringan sekelompok anak muda, muncul wacana untuk menggarap sebuah potensi dalam dunia perfilman Indonesia yang pada saat itu jarang disentuh. Terdapat ciri khas film dokumenter yang membedakannya dari produk audiovisual lainnya, sebuah kekuatan signifikan sebagai media yang mencerdaskan, reflektif, dan dapat melewati batas-batas ruang dan waktu. Di tengah arus media masa yang demikian deras, film dokumenter memiliki peran penting sebagai media aspirasi yang mandiri.

Pada perhelatan rutinnya tiap tahun di bulan Desember, Festival Film Dokumenter selalu mencoba mengangkat isu-isu sosial yang faktual sebagai fokus utama festival, pun sebagai jembatan antara pembuat film dokumenter, pembuat film profesional, dan khalayak yang lebih luas, dengan tujuan peningkatan kualitas dan kuantitas film dokumenter di Indonesia.

id risus. fringilla in libero. ipsum