TENTANG FESTIVAL

Festival Film Dokumenter (FFD) Yogyakarta adalah yang festival film pertama di Indonesia dan di Asia Tenggara, yang khusus menangani film dokumenter. FFD dilaksanakan secara rutin setiap tahun di bulan Desember berturut-turut semenjak tahun 2002.

Gagasan awal membuat Festival Film Dokumenter berawal dari pembicaraan ringan di tahun 2002. Sekelompok anak muda yang gelisah dengan keberadaan media ini, memulai mengerjakan gagasan tersebut dengan keinginan untuk berbuat sesuatu bagi dunia perfilman di Indonesia khususnya film dokumenter. Kepedulian muncul karena ada potensi yang belum tergarap secara optimal dalam masyarakat perfilman Indonesia, padahal potensi tersebut melimpah di sekeliling kita. Sumber daya manusia dan materi/bahan garapnya adalah modal yang memadai untuk penciptaan sebuah karya film dokumenter. Tapi nampaknya potensi ini tidak memiliki ruang gerak yang memadai, ketika insan (muda) perfilman lebih asyik dengan penciptaan karya film yang “artistik” dan “ekspresif”, yang sebagian besar adalah fiksi. Didramatisir pula oleh profit-oriented pada bidang -yang oleh sebagian orang sebagai acuan yaitu televisi- secara instan. Padahal film dokumenter sarat dengan unsur pendidikan yang kental.

Film dokumenter memiliki ciri khas yang membedakannya dari media massa umum lainnya, sebuah kekuatan yang signifikan sebagai suatu media yang mencerdaskan, reflektif, dan dapat melewati batas-batas ruang dan waktu. Di tengah arus media massa yang demikian deras, film dokumenter dapat mengambil peran penting sebagai media aspirasi yang mandiri.

TENTANG FORUM

Forum Film Dokumenter

Forum Film Dokumenter adalah lembaga yang fokus pada media dokumenter di Indonesia. Forum Film Dokumenter bergerak untuk mengembangkan infrastruktur dokumenter melalui workshop, pengarsipan, pemutaran dokumenter, dan festival film dokumenter. Forum kecil ini berdiri sejak 2002 di Yogyakarta dengan nama Komunitas Dokumenter, kemudian pada tahun 2013 berganti nama menjadi Forum Film Dokumenter.

03b6a1330b050b95d4e0269ea76138f0````````````````````