Masterclass

Tahun ini Masterclass kembali dengan tajuk “Docs in Progress” dan masih mengusung misi yang sama yaitu untuk meningkatkan kapasitas pembuat film dokumenter Indonesia serta memberikan ruang diskusi dan konsultasi bersama mentor-mentor yang dihadirkan. Dengan focus ‘Story Development’ Masterclass tahun ini menitikberatkan riset dan pengembangan struktur cerita sebagai dasar untk memulai pembuatan film dengan cerita yang kuat.   

Malinda Wink (Director: Good Pitch Australia), John Appel (Director, Netherland), dan Ranjan Palit (Cinematographe, India) akan datang dan berbagi pengalaman bersama peserta Masterclass FFD tahun ini. Bersama dengan Kedutaan Belanda, Good Pitch, In-Docs, dan BEKRAF, Masterclass FFD bersiap bekerja bersama pembuat film  dari seluruh Indonesia untuk dikembangkan bersama pada 6- 9 Desember 2016 di Tembi Rumah Budaya Yogyakarta.

Mentor

ffd2016-john_appel

John Appel

Pada tahun 1987 John Appel lulus dari Nederlandse Film and Televisie Academy dengan film Radio Danielle, sebuah dokumenter tentang stasiun radio ilegal. Film yang mendapatkan penghargaan Best Student Film, Canon City Award Dutch Film Festival ini menunjukkan ketertarikan John Appel terhadap drama pada kehidupan sehari-hari. Filmnya, André Hazes She Believes in Me yang mendapatkan penghargaan Joris Ivens Award for Best Feature Length Documentary (IDFA ’99), merupakan dokumenter paling populer di Belanda selama 60 tahun terakhir. Dia pernah menjadi mentor berbagai workshop nasional maupun internasional seperti IDFA Workshop, Binger Doc Lab and Film Academy. Di Timur Tengah, dia menjadi mentor untuk filmmaker muda di Greenhouse Development Program. Beberapa film diproduksi dari program ini, seperti 5 Broken Cameras yang mendapatkan nominasi Oscar.    

ffd2016-malinda_wink

Malinda Wink

Malinda Wink adalah direktur eksekutif dari Good Pitch Australia, direktur Policy and Impact di Shark Island Roduction, dan direktur Shark Island Institute. Pengalaman Malinda di dunia profesional beragam, dari mulai sektor korporasi, politik, dan pengembangan. Selama beberapa tahun belakangan, Malinda bekerja sebagai konsultan strategi bisnis dan pengumpulan modal untuk beberapa perusahaan film komersil, termasuk Madman Films, Hopscotch, Transmission Film, dan Electric Picture; juga untuk sektor non-komersil seperti Social Ventures Australia and Its Sustainable Social Enterprise Project. Baru-baru ini Malinda menjabat sebagai direktur eksekutif The Caledonia Foundation sampai agustus 2010 yang lalu.

ffd2016-ranjan_palit

Ranjan Palit

Ranjan Palit adalah filmmaker dan sinematografer yang telah membuat lebih dari seratus film dokumenter, 20 film fiksi panjang (salah satunya 7 Khoon Maaf, bersama Priyanka Chopra, disutradarai Vishal Bhardwaj, salah satu sutradara terbaik di India), dan sekitar 300 komersial TV. Di tahun 1990 dan 1996 dia menjalankan program masterclass di Busan, Helsinki, Pune, Kalkuta, Bangalore, Delhi, Austin, and Berkeley. Dia mengadakan workshop di FTII, SRFTII, Whistling Woods International, Srishti Institute of Art, Design and Technology, dsb., selama 20 tahun terakhir.