Penjurian Dokumenter Pelajar dan Kedalaman Konteks dengan Sudut Pandang di Luar Arus Utama

Proses Penjurian Kategori Dokumenter Pelajar

Tiga juri terlibat diskusi serius ketika menentukan pemenang dari kompetisi kategori pelajar Festival Film Dokumenter tahun ini. Irfan R Drajat, Steve Pillar, dan Jason Iskandar melihat bahwa film-film pilihan mereka membawa ‘kesegaran’ dalam gaya, topik, hingga penentuan sudur pandang, dalam ragam dokumenter Indonesia kini.

Pada tahun ke-16, Festival Film Dokumenter memilih 6 dari 24 film kategori dokumenter pelajar. 6 film tersebut merupakan hasil pilihan juri media. Pilihan mereka didasarkan pada cara pembuat film mengemas isu, kemampuan menempatkan medium film sebagai alat kritik persoalan sederhana, dan sebagai celah untuk membicarakan hal yang lebih besar. 6 film kemudian melewati penjurian terakhir pada Sabtu, 9 Desember 2017, di Dapur Uma Indonesia.

Proses penjurian diawali dengan pengajuan kandidat pemenang oleh masing-masing Juri.  Tahap ini menyisihkan dua dari enam film kandidat pemenang kompetisi Film Dokumenter Pelajar. Irfan R Drajat, Steve Pillar dan Jason Iskandar tidak memiliki pilihan film yang serempak, sehingga 2 film tersebut merupakan irisan dari beragam film pilihan mereka.

Mereka saling beradu argumen untuk menunjukkan kelebihan dan kelemahan dari masing-masing pilihan. Topik, bentuk hingga kedalaman isu yang diketengahkan, ditelaah ketiganya secara cermat. Mereka melihat bagaimana film-film tersebut hadir

Dimoderatori Henricus Pria selaku koordinator program kompetisi, diskusi selama tiga jam  ini kemudian mendapatkan titik terang. Ketiga juri sepakat bahwa satu film pilihan mereka layak menjadi pemenang di kompetisi Film Dokumenter Pelajar. Mereka melihat bahwa film ini, telah menawarkan kedalaman konteks yang disuguhkan dengan sudut pandang di luar arus utama. Kemudian, film ini juga mengetengahkan kedalaman konteks melalui pilihan-pilihan visualnya. Juri pun sepakat, bahwa di tahun ini mereka tidak memberikan special mention pada kompetisi kategori dokumenter pelajar.

Recent Posts
nunc commodo luctus efficitur. sem, Phasellus Lorem mattis mattis