Commission Artwork

”Displacement” Dalam Perangko

artwork-studio-batu

Jika betul ujar-ujar Mark Twain bahwa “ada dua hal terpenting dalam hidup Anda, yakni ketika Anda lahir dan ketika Anda menemukan kenapa,” maka ada ruang untuk berpindah dan bergerak dan mengembara pada sesuatu bernama kehidupan ini. Notion ini hidup dan menjadi bagian dari kenapa itu, yang entah kapan akan terjawab dan terurai dengan baik. Ruang gerak ini bisa bermakna macam-macam, sebab dalam mencari tidaklah selalu seseorang bertemu pada pemaknaan-pemaknaan yang sama.

Dalam diskusi dan omong kosong yang ringan-ringan saja di Sosrowijayan, tempat kami melabuh lelah, kami mencoba memahami kenapa seseorang bepergian. Seseorang mungkin saja pergi tanpa motivasi, tapi seseorang kemungkinan besar bepergian dengan tema besar pencarian di kepalanya. Apa yang menjadi pencarian ini unik? Kami sepakat bahwa the nature of man itu sendiri yang memberi kesempatan bagi macam-macam motivasi ini tampil.

Bagaimanapun, Wulang Sunu menangkap diskusi kami dengan gaya dia yang mantap-mantap segar. Segala macam keunikan dan motivasi ia pepatkan dalam gambar perangko. Perangko, sebagaimana Anda tahu, lazim digunakan sebagai penanda seseorang yang telah menginjak tempat baru, atau bisa juga sebagai perangkat pengiriman surat itu sendiri. Nilai-nilai inilah yang dipilih dan ditangkap oleh kami Studio Batu. Kepergian, kehilangan, dendam kesumat, tanpa motivasi apapun as flat as ban kempes, pesan kesuksesan; barangkali akan Anda temukan dalam banyak isu yang coba disajikan oleh Festival Film Dokumenter tahun ini. Kami memiliki harapan besar Anda menikmati dan mendapatkan sesuatu dari ini, untuk bekal apapun yang mungkin saja baik bagi Anda.

Salam,
Kartogeni (Penulis Studio Batu)

Tentang Studio Batu

Studio Batu

Studio batu adalah kumpulan pertemanan dari SMA yang memiliki kesenangan yang sama, yaitu kesenian. Kami tidak hanya berlatar berlakang film. Melainkan ada juga seni rupa, musik, sastra, dan teater. Jadi kami bukan PH yang hanya fokus di film, melainkan sebuah komunitas yang berisi seniman dari berbagai disiplin ilmu. Jadi kami hanya ingin berkarya, membuat sebuah pertunjukan, pameran, maupun pemutaran film.

aa93716a4e7bfec4982433438770c15c-